In-depth

Ronaldo dan Messi 'Lenyap', El Clasico pun Senyap?

Sabtu, 23 Oktober 2021 20:18 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Gonzalo Arroyo Moreno/Fotopress/Getty Images
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sudah tidak lagi memeriahkan El Clasico Liga Spanyol. Copyright: © Gonzalo Arroyo Moreno/Fotopress/Getty Images
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sudah tidak lagi memeriahkan El Clasico Liga Spanyol.

INDOSPORT.COM - El Clasico LaLiga Spanyol yang mempertemukan Real Madrid dan Barcelona kini sudah tidak dimeriahkan oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Seperti diketahui, dua megabintang sepak bola tersebut telah menemukan pelabuhan baru masing-masing. CR7 yang hengkang ke Juventus sekarang di Manchester United, sedangkan La Pulga musim lalu secara dramatis pindah ke PSG.

Kepergian Cristiano Ronaldo saja sepertinya masih bisa ‘dimaafkan’ oleh penggemar Liga Spanyol. Pasalnya, pada waktu itu mereka masih punya Lionel Messi.

Akan tetapi, ketika pemain asal Argentina itu akhirnya pergi juga, publik mulai bertanya-tanya akan seperti apa kompetisi Liga Spanyol tanpa dua sosok papan atas tersebut. Tentu saja, El Clasico tidak luput sebagai isu yang wajib dibahas dalam kasus ini.

Selama bertahun-tahun, El Clasico telah jadi tontonan wajib para suporter Real Madrid dan Barcelona. Tensi panas dan persaingan ketat selalu tersaji di setiap pertandingan, yang tidak jarang juga dihiasi perseteruan sengit hingga kericuhan.

Setelah kepergian Lionel Messi ke PSG, publik bahkan sempat mempertanyakan siapa pasang pemain dari kedua belah kubu yang bisa diadu di lapangan.

Pertandingan matchday 10 LaLiga 2021-2022 antara Barcelona vs Real Madrid bukan kali pertama tidak dihadiri oleh dua pemain di atas. Namun terakhir kali, El Clasico tidak dihadiri keduanya pada musim 2018-2019.

Saat itu, Messi sedang mengalami cedera sedangkan Ronaldo sudah hengkang ke Juventus. Apa hasilnya? Barcelona menang dengan skor 5-1 atas Real Madrid.

Bicara tentang El Clasico dari masa ke masa, bisa dibilang Ronaldo dan Messi adalah pemain yang amat sangat jarang absen di laga klasik tersebut.

Hanya salah satu yang tidak nampak mungkin masih lumayan. Namun jika dua-duanya yang tidak terlihat, apakah masih banyak orang yang mau menonton?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%