In-depth

Profil Jordi Amat: Bek Keturunan Raja Nusantara dan Anak Emas Pochettino yang Siap Bela Indonesia

Minggu, 24 Oktober 2021 12:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© David Ramos/Getty Images
Jordi Amat saat melawan Cristiano Ronaldo. Copyright: © David Ramos/Getty Images
Jordi Amat saat melawan Cristiano Ronaldo.

INDOSPORT.COM – Pendukung Timnas Indonesia dikejutkan dengan kabar Jordi Amat, anak asuh Mauricio Pochettino yang mau membela tim Merah Putih di laga internasional.

Jordi Amat yang merupakan mantan penggawa Timnas Spanyol U-21 dan pernah diasuh oleh Mauricio Pochettino belum lama ini buka-bukaan bahwa ia memiliki darah Indonesia.

Darah Indonesia itu ia miliki dari sang nenek yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan. Karenanya, ia siap bergabung dengan Timnas Indonesia.

Saat ini, pemain berusia 29 tahun tersebut membela KAS Eupen di Jupiler Pro League atau kasta tertinggi sepak bola Belgia.

Tak disangka, Jordi Amat selaku kapten KAS Eupen, berhasil membawa timnya bersaing di papan atas Jupiler Pro League dengan menempati peringkat ke-3 dalam 12 pekan yang telah dijalani.

Karena pengakuannya itu, banyak pendukung Timnas Indonesia mendukung proses naturalisasinya. Apalagi, ia belum pernah merepresentasikan negara mana pun di level senior.

Meski telah berusia 29 tahun, Jordi Amat dianggap pantas membela Timnas Indonesia karena ia punya pengalaman di level tertinggi.

Diketahui, Jordi Amat pernah membela Espanyol, Swansea City, Rayo Vallecano, dan Real Betis sebelum bermain untuk KAS Eupen di Belgia.

“Saya telah bermain sepakbola profesional selama 12 tahun di Eropa, dan saya ingin membawa pengalaman tersebut ke Asia, dengan memberikan apa yang saya punya dan bakti saya kepada Indonesia," katanya dikutip dari Goal.

Keinginan Jordi Amat untuk membela Timnas Indonesia pun ditengarai oleh garis keturunannya yang diketahui memiliki darah ningrat dari raja di Nusantara. Seperti apa profilnya?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%