In-depth

3 Momen Tak Terlupakan yang Terjadi Selama Koeman Melatih Barcelona

Kamis, 28 Oktober 2021 18:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Ronald Koeman, resmi dipecat Barcelona. Copyright: © Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Ronald Koeman, resmi dipecat Barcelona.

INDOSPORT.COM – Ronald Koeman resmi dipecat oleh Barcelona. Berikut tiga momen tak terlupakan yang terjadi selama pelatih asal Belanda itu bertugas di Camp Nou.

Hasil mengecewakan dialami Barcelona saat bertandang ke markas Rayo Vallecano, Kamis (28/10/21) dinihari WIB. Barcelona takluk dari tim promosi dengan skor 0-1, lewat gol tunggal Radamel Falcao.

Kemenangan atas Blaugrana bahkan membawa Los Vallecanos naik ke posisi 5 klasemen sementara dengan 19 poin dari 11 laga. Sementara itu, Barcelona masih tertahan di posisi 9.

Bagi Blaugrana, kekalahan ini menimbulkan catatan buruk. Pasalnya, ini menjadi kali pertama mereka dikalahkan Rayo Vallecano dalam 15 pertemuan terakhir setelah selalu menang di 14 laga sebelumnya.

Kekalahan ini pun akhirnya memakan korban. Manajemen klub memutuskan memecat pelatih Ronald Koeman hanya beberapa jam setelah laga berakhir.

“FC Barcelona telah melepaskan Ronald Koeman dari tugasnya sebagai pelatih tim utama. Presiden klub Joan Laporta telah memberitahu yang bersangkutan terkait keputusan ini setelah kekalahan dari Rayo Vallecano,” ungkap jurnalis Fabrizio Romano.

“Ronald Koeman akan mengucapkan perpisahan dengan skuat pada hari Kamis waktu setempat di Ciutat Esportiva.”

Mengingat kembali perjalanan singkat Ronald Koeman yang hanya bertahan selama satu musim di Barcelona, ada sejumlah momen penting dan tak terlupakan yang terjadi selama di era pemerintahan pelatih asal Belanda tersebut.

Apa saja? Berikut ini Indosport memaparkan tiga momen menting dan fenomenal selama Koeman menukangi Barcelona:

1. Satu-satunya Trofi Juara adalah…

Tak bisa memungkiri, Barcelona di bawah kepemimpinan Ronald Koeman memang menunjukkan performa buruk musim ini.

Selain tercecer di peringkat 9 Liga Spanyol, Blaugrana juga masih tertahan di peringkat 3 Grup E Liga Champions, setelah menelan 2 kekalahan dan hanya sekali menang dari 3 laga pertama.

Mengesampingkan rentetan hasil buruk yang terjadi musim lalu hingga hari ini, Koeman ternyata mempersembahkan trofi pertama dan satu-satunya untuk Catalan yakni Copa del Rey.

Barcelona menjuarai Copa del Rey 2020-2021 setelah mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 4-0 pada final di La Cartuja, Sevilla, pada bulan April musim lalu. Kala itu

Lionel Messi menjadi protagonis Barca melalui torehan dua gol, masing-masing pada menit 68' dan 72'. Dua lesakan sisanya ditorehkan Antoine Griezmann (60') dan Frenkie de Jong (63').

Kreasi 4 gol dalam interval 12 menit tersebut akhirnya mendatangkan trofi ke-31 Barcelona di Copa del Rey.