In-depth

September-Oktober: Periode Kebangkitan Senyap Arsenal

Jumat, 29 Oktober 2021 12:48 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Sempat terpuruk dan jadi juru kunci klasemen Liga Inggris, Arsenal asuhan Mikel Arteta mulai bangkit dan mencatatkan rekor apik sepanjang September-Oktober ini.

Sukses memboyong sejumlah nama seperti Ben White, Albert Sambi Lokonga, hingga Martin Odegaard, Arsenal mengawali Liga Inggris musim ini dengan buruk.

Pasukan Mikel Arteta selalu kalah di tiga laga perdana. Sepanjang Agustus, The Gunners ditekuk Brenford dan Chelsea 0-2, dan dibantai Manchester City 0-5. Rangkaian hasil buruk itu membuat Arsenal sempat menjadi juru kunci di klasemen sementara.

Kursi kepelatihan Mikel Arteta sempat digoyang, dengan sejumlah nama digaungkan menjadi kandidat pengganti di antaranya Antonio Conte.

Meski demikian, manajemen klub memutuskan untuk mempertahankan Arteta. Tak hanya itu, mereka juga menuhi keinginan Arteta memboyong bek kanan Takehiro Tomiyasu dari Bologna.

Memasuki bulan September, Arsenal perlahan-lahan bangkit. Setelah jeda internasional, The Gunners berhasil mengalahkan Norwich 1-0 di laga pertama mereka setelah dibantai Manchester City. Sepekan kemudian, mereka kembali meraih kemenangan dengan skor identik menghadapi Burnley.

Tren bagus ini menyebar ke Carabao Cup di mana Arsenal berhasil mengalahkan Wimbledon 3-0 di babak ketiga.

Kebangkitan Pierre-Emerick Aubameyang dkk makin terlihat ketika mereka sukses menghajar rival abadi, Tottenham Hotspur, dengan skor 3-1 pada 26 September. Kemenangan ini mengangkat mereka ke posisi 10.

Sempat dua kali imbang saat menghadapi Brighton dan Crystal Palace saat memasuki Oktober, Arsenal kembali ke jalur kemenangan dengan mengalahkan Aston Villa 3-1 di Liga Inggris akhir pekan lalu.

Sementara itu, di Carabao Cup, Arsenal juga kembali merebut kemenangan dengan membekuk Leeds 2-0 pada babak keempat pada Rabu (27/10/21) dini hari lalu.