In-depth

William Saliba: Diabaikan Arsenal, Kini Jadi Bintang di Ligue 1 Prancis

Senin, 1 November 2021 14:00 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© 90min/gettyimages
Tak diberi kesempatan tampil sekali pun di Arsenal sejak kedatangannya, William Saliba kini bersinar dan jadi bintang di Ligue 1 bersama Marseille. Copyright: © 90min/gettyimages
Tak diberi kesempatan tampil sekali pun di Arsenal sejak kedatangannya, William Saliba kini bersinar dan jadi bintang di Ligue 1 bersama Marseille.

INDOSPORT.COM – Tak diberi kesempatan tampil sekali pun di Arsenal sejak kedatangannya, William Saliba kini bersinar dan jadi bintang di Ligue 1 bersama Marseille.

Mengawali karier profesional bersama Saint-Etienne lewat debutnya pada 25 September 2018, William Saliba berhasil mencuri perhatian. Meski baru berusia 17 tahun, ia sukses tampil 19 kali bagi Saint-Etienne sepanjang musim itu, dengan 13 kali menjadi starter.

Penampilan apik itu pun menarik perhatian Arsenal. The Gunners kemudian membelinya pada bursa transfer musim panas 2019.

Namun, sang bek muda tak langsung diboyong ke London, melainkan dipinjamkan satu musim lagi di Saint-Etienne demi mendapatkan menit bermain lebih banyak.

Saliba pun kembali menjadi andalan tim Ligue 1 tersebut. Meski sempat 2 kali cedera panjang yang mengharuskannya absen selama sekitar 4 bulan, ia masih mencatatkan 17 penampilan di semua kompetisi.

Tak hanya itu, pemuda Prancis itu juga sukses membawa Saint-Etienne lolos ke final Coupe de France. Namun, ia tak tampil di partai puncak setelah pandemi Covid membuat laga itu diundur dan baru digelar setelah masa peminjamannya berakhir.

Tampil apik di Saint-Etienne, Saliba diyakini akan menjadi andalan Arsenal di musim 2020/2021. Apalagi, ketika itu The Gunners juga baru saja mendatangkan bek muda lain yakni Gabriel Magalhaes.

Situasi ini membuat sejumlah pihak menyakini Magalhaes dan Saliba akan menjadi duet utama palang pintu The Gunners. Oleh Arsenal, Saliba pun diberi nomor punggung 4 yang sebelumnya dikenakan Mohamed Elneny.

Namun kedatangan Saliba ke London Utara ternyata malah menjadi petaka. Oleh Mikel Arteta, ia justru diabaikan.

Sempat tampil di laga pramusim dan ditempatkan di bangku cadangan pada Community Shield, Saliba kemudian dikirim ke tim U-23 dan tak diberi kesempatan tampil satu kali pun di tim utama hingga pertengahan musim.