In-depth

Aaron Ramsdale, Spesialis Degradasi yang Jadi Kunci Kebangkitan Arsenal

Senin, 1 November 2021 12:14 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Dikenal sebagai spesialis degradasi, Aaron Ramsdale malah jadi kunci kebangkitan Arsenal dari posisi juru kunci ke posisi 6 besar Liga Inggris musim ini.

Awal Liga Inggris 2021/2022 ini menjadi momen berat bagi Arsenal. Bagaimana tidak, mereka sempat terpuruk di posisi juru kunci, usai selalu kalah di 3 laga perdana, termasuk dibantai 0-5 oleh Manchester City di pekan ketiga.

Namun, The Gunners perlahan-lahan bangkit. Di pekan keempat, mereka menang 1-0 atas Norwich diikuti kemenangan dengan skor sama atas Burnley di pekan kelima. Teranyar, pasukan Mikel Arteta mengalahkan Leicester 2-0, Sabtu (30/10/21) malam WIB.

Secara total, sejak dibantai City, Arsenal tak pernah kalah di 7 laga beruntun di Liga Inggris, dengan rincian 4 kemenangan dan 3 seri.

Rangkaian hasil apik itu membawa Pierre-Emerick Aubameyang dkk melesat ke posisi 6 klasemen sementara.

Sejumlah sosok dinilai jadi kunci kebangkitan Arsenal, salah satunya penjaga gawang mereka, Aaron Ramsdale.

Ramsdale sendiri baru diboyong Arsenal musim panas lalu dari Sheffield United. Ia bahkan tak langsung menjadi pilihan utama, dengan Mikel Arteta lebih memercayai Leno sebagai kiper utama di 3 laga perdana liga domestik.

Namun, usai kekalahan 0-5 dari City di pekan ketiga, Arteta memberi kesempatan kepada Ramsdale turun menghadapi Norwich. Sang kiper pun sukses membawa The Gunners meraih kemenangan sekaligus cleansheet pertama.

Sejak itu, Ramsdale selalu tampil dalam 7 laga Liga Inggris di mana Arsenal belum pernah kalah. Selama periode itu, ia mencatatkan 4 cleansheet dan hanya kebobolan 4 kali.

Kinerja apik Ramsdale salah satunya terlihat di laga melawan Leicester pada Sabtu kemarin, ketika ia melakukan penyelamatan gemilang atas tendangan bebas James Maddison.

Aksinya itu bahkan mendapat pujian dari kiper legendaris Manchester United, Peter Schmeichel, yang menyebutnya sebagai penyelamatan terbaik yang pernah dilihatnya selama bertahun-tahun terakhir.