In-depth

Apakah Liverpool-nya Jurgen Klopp Bisa Sehebat Milik Bob Paisley?

Sabtu, 6 November 2021 18:40 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Pier Marco Tacca/Anadolu Agency via Getty Images
Jurgen Klopp bersama Liverpool asuhannya saat ini baru saja  menorehkan catatan yang tidak kalah hebat dari era Bob Paisley. Copyright: © Pier Marco Tacca/Anadolu Agency via Getty Images
Jurgen Klopp bersama Liverpool asuhannya saat ini baru saja menorehkan catatan yang tidak kalah hebat dari era Bob Paisley.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp bersama Liverpool asuhannya saat ini baru saja  menorehkan catatan yang tidak kalah hebat dari era Bob Paisley.

The Reds, baru saja memastikan tiket ke fase gugur Liga Champions usai tampil sebagai pemimpin klasemen sementara Grup D dengan poin sempurna.

Dari empat laga yang telah dimainkan, mereka berhasil menyapu bersih kemenangan, yang teranyar menumpas Atletico Madrid 3-2 di laga penyisihan grup tempo hari.

Dengan 12 poin, Liverpool melesat jauh dari sang peringkat dua, FC Porto (5 poin). Sementara itu, Atletico Madrid ada di peringkat tiga dengan 4 poin, sedangkan AC Milan tengah merana di posisi juru kunci.

Liverpool pun jadi satu dari empat tim yang sudah memastikan tiket ke fase gugur Liga Champions 2021-2022 selain Bayern Munchen, Ajax Amsterdam, dan Juventus.

Dengan kemenangan kontra Atletico Madrid, Liverpool-nya Jurgen Klopp pun mencatatkan rekor tidak terkalahkan selama 25 laga beruntun, yang mana terakhir kali terjadi saat era Bob Paisley (1982).

Sebagai informasi, The Reds mencatatkan hasil unbeaten run periode ini (tidak termasuk laga pramusim), saat melawan Aston Villa pada bulan April lalu.

Setelah itu, mereka sukses menghindari kekalahan di 24 laga, yang terakhir saat berjumpa Atletico Madrid, Kamis (04/11/21) dini hari WIB.

Mau tidak mau, perbandingan dengan salah satu manajer legendaris Liverpool sepanjang masa, Bob Paisley, pun tidak dapat dihindari.

Bob Paisley memang sosok legenda yang sangat dipuja dan dihormati oleh para penggemar setia The Reds. Selain figur manajer yang hebat, ia juga sangat loyal dengan mengabdikan separuh hidupnya untuk Liverpool.

Sebanyak 20 gelar bergengsi telah ia sumbangkan untuk Liverpool sebagai manajer, termasuk enam Liga Inggris dan tiga European Cup (Liga Champions).