In-depth

Eddie Howe, Pemimpin Evolusi Bournemouth yang Bakal Tukangi Klub Sultan Newcastle United

Sabtu, 6 November 2021 16:25 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Clive Brunskill
Eddie Howe, Pemimpin Evolusi Bournemouth yang Bakal Tukangi Klub Sultan Newcastle United Copyright: © Clive Brunskill
Eddie Howe, Pemimpin Evolusi Bournemouth yang Bakal Tukangi Klub Sultan Newcastle United

INDOSPORT.COM – Mengenal profil Eddie Howe, sang pemimpin evolusi Bournemouth di Liga Inggris yang bakal tukangi klub sultan Newcastle United.

Klub sultan baru Liga Inggris, Newcastle United, dikabarkan segera menunjuk pelatih anyar setelah sebelumnya sempat munculkan drama usai lewat beberapa penolakan dari para kandidat.

Jurnalis olahraga Italia, Fabrizio Romano, lewat akun Twitter pribadinya, @FabrizioRomano, menyebutkan jika Newcastle telah siap menunjuk satu sosok yang akan menjadi pelatih baru The Magpies.

Dalam twitnya, Fabrizio Romano menyatakan jika Newcastle United saat ini tengah mempersiapkan kontrak untuk menjadikan Eddie Howe sebagai pengganti Steve Bruce.

Lebih lanjut dijelaskan, jika Eddie Howe rencananya akan diikat dengan kontrak panjang berdurasi selama empat musim hingga tahun 2024 mendatang.

Saat ini negosiasi telah berada di tahap akhir. 

Pengumuman resmi dari Newcastle United kabarnya akan dirilis sesegera mungkin setelah Howe sepakat dengan kontrak yang dilayangkan oleh manajemen.

Penunjukan Howe tak lain dan tak bukan merupakan imbas dari penolakan beberapa kandidat pelatih anyar yang memiliki reputasi mentereng seperti Unai Emery, Zinedine Zidane hingga Paulo Fonseca.

Munculnya nama Eddie Howe sebagai pelatih baru Newcastle United memang cukup mengejutkan.

Sebab dengan kekuatan uang melimpah, rasanya kurang pas melihat Newcastle dipimpin oleh juru latih yang bahkan belum pernah tampil di Liga Champions baik sebagai pemain atau pelatih.

Namun jika melihat trek rekor Eddie Howe terutama saat masih menukangi AFC Bournemouth, keputusan Newcastle United untuk mempekerjakan eks Portsmouth itu dengan kontrak jangka panjang bisa dibilang pilihan tepat.

Memulai karier sebagai pelatih di usia 29 tahun, kiprah Eddie Howe sebagai peracik strategi memang tidak seterkenal pelatih muda lain seperti Xavi Hernandez, Frank Lampard ataupun Julian Nagelsmann.

Namun satu hal yang menarik dari Eddie Howe adalah ketekunan serta perjalanan luar biasanya bersama AFC Bournemouth hingga membawa The Cherries catatkan sejarah dengan mentas di Premier League untuk kali pertama.

Pada tahun 2007, Eddie Howe yang merupakan bek andalan Bournemouth harus mengakhiri karier sepak bolanya akibat cedera engkel.

Meski begitu, kecintaanya pada si kulit bundar membuat Eddie Howe kembali ke lapangan hijau dengan menjabat sebagai pelatih tim junior Bournemouth di tahun 2008.

Hanya beberapa bulan di tim junior, Eddie Howe langsung ditarik ke skuat utama dan menggantikan peran Jimmy Quinn yang dipecat.