Bola Internasional

Sempat Viral Tolak Timnas, Bek Naturalisasi Malaysia Siap Tampil di Piala AFF 2020

Jumat, 12 November 2021 12:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Vincent Van Doornick/Isosport/Getty Images
Dion Cools, pemain Belgia keturunan Malaysia saat masih membela Club Brugge. Copyright: © Vincent Van Doornick/Isosport/Getty Images
Dion Cools, pemain Belgia keturunan Malaysia saat masih membela Club Brugge.

INDOSPORT.COM - Timnas Malaysia dipastikan mendapat suntikan kekuatan masif jelang dibukanya Piala AFF 2020 di Singapura bulan depan. Fullback naturalisasi berdarah Belgia, Dion Cools, akhirnya mengkonfirmasi kesediaan membela Harimau Malaya.

Sebelumnya Cools ramai diberitakan enggan melakoni tugas negara karena sibuk memperkuat FC Midtjylland. Saat Piala AFF 2020 dibuka pada 5 Desember mendatang, klub asal Denmark tersebut masih penuh akan agenda pertandingan.

Status Piala AFF yang bukan ajang resmi FIFA tentunya semakin mempersulit jalan Cools untuk menambah capsnya bersama Malaysia yang baru berjumlah tiga buah sejak debutnya pada Juni lalu. Beruntung ada jeda musim dingin yang bisa ia manfaatkan.

Jika tidak ada halangan, pemain berusia 25 tahun tersebut bisa terbang ke Singapura setelah 13 Desember pasca laga Midtjylland vs Brøndby di Piala Denmark. Artinya Cools yang juga pernah membela Club Brugge itu harus absen tiga laga fase grup pertama Malaysia.

Bukan sesuatu yang mudah mengingat Malaysia tergabung dalam Grup B dimana Indonesia dan Vietnam juga berada. Kendati demikian pelatih kepala Tan Cheng Hoe tetap bersyukur tim asuhannya tetap bisa diperkuat Dion Cools.

"Kami tidak akan bisa memainkan Cools untuk laga-laga di Singapura namun Malaysia tetap harus berterima kasih kepada Midtjylland karena jarang ada pemain yang diberi izin walau ada jeda tengah musim," papar Tan.

"Cools siap turun di partai keempat dan saya tahu betul ia senang bisa mendapat kesempatan membantu negaranya," tambah juru taktik berusia 53 tahun itu.