Liga Indonesia

Cedera Parah, Penyerang PSS Sleman dan Timnas Indonesia Absen 8 Bulan

Sabtu, 13 November 2021 07:35 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Penyerang PSS Sleman dan Timnas Indonesia, Saddam Emiruddin Gaffar, dipastikan absen panjang hingga 8 bulan ke depan karena cedera ACL. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Penyerang PSS Sleman dan Timnas Indonesia, Saddam Emiruddin Gaffar, dipastikan absen panjang hingga 8 bulan ke depan karena cedera ACL.

INDOSPORT.COM - Penyerang PSS Sleman dan Timnas Indonesia, Saddam Emiruddin Gaffar, dipastikan absen panjang hingga 8 bulan ke depan karena cedera ACL.

Kabar buruk datang dari klub Liga 1 PSS Sleman. Penyerang andalan mereka, Saddam Gaffar, dipastikan tidak bisa tampil di sisa musim ini karena harus absen hingga 8 bulan ke depan.

Dilansir dari situs resmi klub, dokter tim PSS yakni Elwizan Amiduddin menyebut Saddam mengalami robekan di salah satu ligamen ACL-nya. 

Saddam Emiruddin Gaffar rupanya bukan satu-satunya pemain PSS Sleman yang harus absen panjang. Pasalnya, bintang  muda PSS lainnya yakni Riza Fadilah juga mengalami robek ligamen ACL.

“Kebetulan kasusnya sama-sama tumpuan sehingga hasil MRI-nya pun cenderung sama, yaitu menunjukkan bahwa salah satu ligamen ACL terjadi robekan atau putus total dan menescus terjadi robekan walaupun tingkatannya masih satu atau dua,” tutur Elwizan Aminuddin di situs resmi klub.

“Untuk case pada Saddam diwajibkan tindakan selanjutnya yaitu atroskopi rekonstruksi ACL,” lanjut sang dokter.

Lebih lanjut, Elwizan menyebut kedua pemain tersebut butuh waktu cukup lama yakni 6-8 bulan untuk melakukan aktivitas normal dan bermain sepak bola.

“Namun hal tersebut tergantung dari controling rasa traumatik masing-masing pemain. Baik Saddam dan Rizza jika bisa melakukan kontrol penuh terhadap traumatiknya tersebut dengan baik, waktu enam bulan sudah bisa kembali”.

“Sebaliknya tidak mampu, membutuhkan waktu lebih lama lagi delapan hingga 10 bulan,” pungkas Elwizan Aminuddin.