Bola Internasional

Mengenal FC Sochi, Tim Kuda Hitam Bentukan Vladimir Putin di Liga Rusia

Sabtu, 13 November 2021 21:48 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Logo FC Sochi. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Logo FC Sochi.

INDOSPORT.COM – Biasanya klub-klub asal Rusia identik dan dibentuk oleh militer. Namun kali ini ada sebuah klub yang dibentuk oleh Vladimir Putin. Klub itu bernama FC Sochi.

Pernah membayangkan bagaimana di suatu kompetisi sepak bola diikuti oleh klub yang dibentuk oleh presiden negara itu? Tentunya klub itu akan sangat kuat karena dianggap punya kuasa lebih.

Hal tersebut berlaku untuk FC Sochi, klub yang berasal dari sebuah daerah Rusia. Klub ini dibentuk karena keinginan orang nomor satu negara tersebut, Vladimir Putin.

FC Sochi baru dibentuk pada 2018 silam. Namun di musim 2021/22 ini, mereka telah berhasil merusak hegemoni tim papan atas dan duduk di peringkat kedua Russian Premier League atau kasta teratas sepak bola Rusia.

Hingga pekan ke-14, FC Sochi duduk di tempat kedua dengan torehan 27 poin atau hanya tertinggal 3 poin saja dari Zenit St Petersburg selaku pemuncak klasemen sementara.

Untuk ukuran klub yang baru terbentuk 3 tahun, tentu apa yang dilakukan FC Sochi ini hingga menembus papan atas membuat semua orang takjub.

Pasalnya, di awal pembentukannya FC Sochi bermain di kasta kedua dan langsung promosi ke kasta teratas di tahun pertamanya berdiri.

Di musim debutnya di kasta teratas atau musim 2020/21, FC Sochi malah berhasil finis di peringkat kelima, mengungguli CSKA Moskow dan Dinamo Moskow yang dikenal sebagai tim kuat di Rusia.

Pertanyaan pun mengemuka, bagaimana sejarah pembentukan FC Sochi dan mengapa Vladimir Putin selaku Presiden Rusia turun tangan membentuk tim ini?