Bola Internasional

Meraba Peluang Italia di Play-off Piala Dunia 2022

Selasa, 16 November 2021 14:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© twitter.com/EURO2020
Italia kembali dihadapkan dengan momok play-off Piala Dunia yang sudah membuat mereka absen di edisi Rusia 2018 silam usai gagal lolos otomatis di kualifikasi. Copyright: © twitter.com/EURO2020
Italia kembali dihadapkan dengan momok play-off Piala Dunia yang sudah membuat mereka absen di edisi Rusia 2018 silam usai gagal lolos otomatis di kualifikasi.

INDOSPORT.COM - Timnas Italia melewatkan kesempatan untuk lolos ke Piala Dunia 2022 usai seri tanpa gol dengan Irlandia Utara dalam laga pamungkas Grup C kualifikasi zona Eropa pada Selasa (16/11/21) dini hari WIB.

Tim juara EURO 2020 tersebut dipaksa untuk mencari tiket ke Qatar tahun depan via babak play-off. Pasalnya Swiss yang hanya terpaut satu angka di tabel klasemen mampu mendulang tripoin saat menggulung Bulgaria 4-0 sehingga dapat menyalip sekaligus balik unggul selisih gol.

Meski statusnya tamu di Windsor Park, Italia sebenarnya dominan atas Irlandia Utara. Penguasaan bola sebanyak 72 persen plus 12 tembakan berbanding 4 adalah salah satu buktinya.

Sepanjang kualifikasi Italia pun sejatinya tidak pernah kalah. Gli Azzurri bisa memenangi semua tiga laga pembuka mereka namun justru lebih banyak imbang di lima matchday terakhir.

Ini adalah kali kedua beruntun Italia harus menjalani play-off Piala Dunia. Yang pertama terjadi pada 2017 lalu namun hal itu jadi pengalaman buruk bagi mereka karena menelan kekalahan dari Swedia.

Dalam leg pertama, Swedia mampu unggul tipis 1-0 berkat gol semata wayang Jakob Johansson. Italia tidak mampu membalikkan keadaan di leg kedua yang digelar di kandang mereka sendiri dan harus absen dari Piala Dunia 2018.

Padahal sebelumnya mereka belum pernah absen dari Piala Dunia kecuali edisi pertama di Uruguay 1930. Setelah itu Italia tidak pernah ketinggalan untuk berpartisipasi dan bahkan menjadi kampiun empat kali.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%