In-depth

On This Day: Kecurangan Thierry Henry yang Bawa Prancis ke Piala Dunia 2010

Kamis, 18 November 2021 19:50 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© irishtimes/INDOSPORT
Handball Thierry Henry pada laga Prancis vs Irlandia 18 November 2009 Copyright: © irishtimes/INDOSPORT
Handball Thierry Henry pada laga Prancis vs Irlandia 18 November 2009

INDOSPORT.COM – Tepat pada hari ini 12 tahun silam atau 18 November 2009, Thierry Henry melakukan kecurangan yang mengubur mimpi Irlandia dan membawa Timnas Prancis ke Piala Dunia 2010.

Piala Dunia merupakan turnamen terakbar yang ingin diikuti setiap pesepak bola. Kesempatan bertemu pemain bintang lainnya dan mendapat sorotan lebih, menjadikan ajang ini begitu prestisius.

Tak jarang demi tampil di Piala Dunia, banyak cara dilakukan pemain. Termasuk melakukan hal-hal yang berbau kecurangan.

Salah satu kecurangan yang melegenda adalah kisah kecurangan Chile di Kualifikasi Piala Dunia 1990 zona CONMEBOL saat melawan Brasil.

Saat itu, kiper Chile, Roberto Rojas, melakukan aksi dramatis yakni melukai wajahnya dengan silet yang ia bawa agar Brasil didiskualifikasi dari gelaran Piala Dunia 1990.

Roberto Rojas kala itu melakukan aksi dramatisnya memanfaatkan Flare atau suar yang dilempar penonton ke lapangan. Ia melukai wajahnya seolah-olah suar itu mengenai wajahnya.

Aksi kecurangan itupun terbongkar lewat sebuah foto yang diabadikan oleh seorang kamerawan bernama Ricardo Alfieri. Dari foto itu, tampak bahwa Roberto Rojas tak terkena suar.

Kecurangan Chile ini pun lantas terbongkar dan membuat FIFA geram serta menghukumnya dengan didiskualifikasi serta tak boleh berpartisipasi di Piala Dunia 1994.

Kecurangan Chile demi menembus Piala Dunia ini pun kembali terulang di era modern saat Thierry Henry melakukan Handball di babak Playoff sehingga memuluskan langkah Timnas Prancis dan mengubur mimpi Irlandia ke Piala Dunia 2010 pada 18 November 2009. Berikut kisahnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%