Bola Internasional

Perjuangan Pelatih Afghanistan Saat Hadapi Timnas Indonesia, Rangkap Jabatan hingga 'Ngemis' ke FIFA

Jumat, 19 November 2021 19:59 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:
© PSSI
Beratnya Tugas Pelatih Afghanistan Saat Hadapi Timnas Indonesia, Rangkap Jabatan hingga Minta Bantuan FIFA. Copyright: © PSSI
Beratnya Tugas Pelatih Afghanistan Saat Hadapi Timnas Indonesia, Rangkap Jabatan hingga Minta Bantuan FIFA.

INDOSPORT.COM - Pelatih Afghanistan bernama Anoush Dastgir menjadi sosok yang paling berjasa dalam keberhasilan anak asuhnya meraih kemenangan atas timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Afghanistan baru saja meraih kemenangan tipis 1-0 atas timnas Indonesia di laga uji coba bertajuk FIFA Matchday pada Selasa (16/11/21) lalu.

Bermain di Gloria Sports Arena, Antalya, Turki, gol tunggal pasukan Anoush Dastgir ke gawang timnas Indonesia diicetak oleh Omid Popalzay pada menit ke-85.

Seusai pertandingan, media The New York Times langsung memberikan pujian setinggi langit kepada Anoush Dastgir. Pasalnya pelatih yang masih berusia 31 tahun tersebut sukses menjalankan tugas sangat berat.

Media tersebut melaporkan kalau beberapa staf di skuat Afghanistan tidak bisa ikut karena masih di kamp pengungsian karena penguasaan Taliban.

Alhasil, Anoush Dastgir harus mengirim sendiri peralatan pelatihan ke Turki dan meminta bantuan kepada saudara iparnya. Tidak hanya itu, ia bahkan harus melakukan negosiasi kontrak penyiaran untuk memastikan jumlah orang di Afghanistan dapat menonton pertandingan.

Kemudian, masalah yang paling berat adalah soal rekening bank federasi sepak bola Afghanistan yang dibekukan oleh FIFA. Anoush Dastgir harus berjuang membuat petisi kepada FIFA agar membantu membiayai perjalanan ke Turki.