Bola Internasional

Chan Vathanaka, Messi Kamboja yang Bisa Jadi Momok Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Jumat, 19 November 2021 13:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mengenal sosok Chan Vathanaka, si Messi asal Kamboja yang berpotensi jadi momok buat pertahanan Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2020 mendatang.

Hanya tinggal beberapa pekan, Timnas Indonesia akan memulai perjuangan mereka di Piala AFF 2020 dengan menghadapi kuda hitam Kamboja di penyisihan Grup B.

Secara rapor pertemuan terakhir, Timnas Indonesia sejatinya sangat superior atas Kamboja dengan mencatatkan 15 kemenangan dan hanya sekali kalah dari total 16 pertandingan.

Selain unggul head to head, Timnas Indonesia juga terlihat berada satu level diatas Kamboja. Terbukti, beberapa kemenangan telak pernah dirasakan skuat Garuda seperti 10-0, 9-2, hingga 8-0.

Berkaca dari statistik pertemuan tersebut, bisa dipastikan jika Timnas Indonesia pasti akan memenangkan duel kala berjumpa Kamboja di matchday pertama Piala AFF 2020 nanti.

Meski begitu, Timnas Indonesia tetap tak boleh menganggap enteng Kamboja apalagi skuat arahan Ryu Hirose tersebut punya sejumlah pemain potensial yang bisa kejutkan skuat Garuda.

Salah satunya adalah Chan Vathanaka, ujung tombak Timnas Kamboja yang punya segudang pengalaman mentas di sejumlah Liga ASEAN bahkan mendapat julukan ‘Cambodian Messi’.

Lantas seperti apakah profil serta rapor penampilan Chan Vathanaka yang bakal jadi lawan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 nanti? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Profil Singkat

© instagram.com/boeungketofficial
Chan Vathanaka, Messi Kamboja yang Bisa Jadi Momok Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Copyright: instagram.com/boeungketofficialChan Vathanaka, Messi Kamboja yang Bisa Jadi Momok Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Pada 2015 silam, nama Chan Vathanaka mulai jadi buah bibir di jagat sepak bola Asia lantaran pemain kelahiran Kampot tersebut sukses mengemas 55 gol di semua kompetisi di tahun itu.

Dari statistik tersebut, Chan Vathanaka bisa dibilang sejajar dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi jika mengacu pada torehan golnya di 2015.

Akhirnya, para pengamat sepak bola Asia pun resmi memberikan julukan ‘Messi dari Kamboja untuk Chan Vathanaka.

Memulai karier bersama tim akademi Svay Rieng, Chan Vathanaka sukses menembus skuat senior pada musim 2011/12 di usia yang baru menginjak 17 tahun.

Pada musim debutnya, Chan Vathanaka mencetak 10 gol dari 17 pertandingan semua kompetisi bersama Svay Rieng. Catatan impresif tersebut membuat tim besar Kamboja, Boeung Ket Angkor FC, merekuatnya pada tahun 2012.

Pada 1 Agustus 2015, Vathanaka tampil menggila dengan mencetak enam gol dalam kemenangan 6-0 Boeung Ket Angkor FC atas Asia Europe United.

Namun ini bukanlah pencapaian terbaiknya buat Boeung Ket Angkor FC. Di bulan Juli 2015, Chan Vathanaka bahkan pernah melesakkan delapan gol dalam kemenangan 12-2 atas Kirivong Sok Sen Chey.

Catatan yang membuat Vathanaka memecahkan rekor sebagai pemain asli Kamboja dengan gol terbanyak dalam satu laga di C-League.

Total selama lima musim memperkuat Boeung Ket Angkor FC, Chan Vathanaka tampil sebanyak 90 pertandingan dan mencetak 116 gol di semua kompetisi.

Setelah cukup lama mentas di kompetisi dalam negeri, Chan Vathanaka mencoba peruntungan dengan hijrah ke liga luar dan memperkuat tim asing seperti Fujieda MYFC (Jepang), Pahang FA (Malaysia) serta PKNS (Malaysia).

Sejak tahun 2019, Chan Vathanaka memutuskan kembali ke Boeung Ket Angkor FC dan sejauh ini sudah mencetak 28 gol dari total 26 pertandingan di semua ajang.