Liga Indonesia

Statistik Pertemuan Persib vs Persija di Liga Indonesia, Siapa Lebih Unggul?

Sabtu, 20 November 2021 13:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Perbandingan rekor pertemuan Persib Bandung dan Persija Jakarta jelang partai sengit mereka di Liga 1 2021/2022 pada Sabtu (20/11/21) ini. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Perbandingan rekor pertemuan Persib Bandung dan Persija Jakarta jelang partai sengit mereka di Liga 1 2021/2022 pada Sabtu (20/11/21) ini.

INDOSPORT.COM - Para pencinta sepak bola tanah air akan kembali dimanjakan dengan pertandingan bermbumbu rivalitas dan gengsi, Persib Bandung vs Persija Jakarta, pada Sabtu (20/11/21) malam ini. Sudah cukup lama kedua tim tidak bertemu mengingat musim lalu Liga 1 mengalami pembatalan akibat pandemi global.

Mengingat umur Persib dan Persija sudah mendekati satu abad, tidak heran jika keduanya sudah saling gebuk sejak lama. Khusus untuk ajang liga Maung Bandung telah 42 kali meladeni Macan Kemayoran.

Data menunjukkan Persija boleh menepuk dada karena sanggup mendulang tidak kurang dari 17 kemenangan dalam partai yang belakangan kerap disebut El Clasico Indonesia ini. Sementara itu Persib hanya kebagian delapan kemenangan dan 17 laga lain berujung imbang.

Jika hanya melihat dari lima pertemuan terbaru maka tiap kubu punya momennya masing-masing. Persib dan Persija berbagi dua kemenangan.

Persib sama sekali tidak kalah dari rivalnya sepanjang musim 2019 Liga 1. Saat melawat ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, anak-anak asuh Robert Rene Alberts mampu mencuri satu poin berkat gol telat Artur Geworkyan usai Persija di ambang kemenangan usai rayakan lesakan Marko Simic.

Kala balik jadi tuan rumah Persib merebut angka penuh dengan kemenangan 2-0. Gol-gol dari Frets Butuan dan Ezechiel N'Douassel sama sekali tidak bisa dibalas oleh Persija. Sayangnya kedua tim saat itu tidak terlibat banyak dalam perebutan gelar juara yang kemudian digondol Bali United.

Terakhir kali Persija punya hak untuk jemawa adalah saat di musim 2018 kala mereka menjadi kampiun Liga 1 di bawah tangan dingin Stefano 'Teco' Cugurra. Di pekan keenam, gol tunggal dari Jaimerson da Silva sudah cukup untuk mengklaim tripoin.