Bola Internasional

Profil Daffa Fasya, Kiper Borneo FC yang Tembus Seleksi Garuda Select 4

Rabu, 24 November 2021 15:41 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil Daffa Fasya Sumawijaya, kiper Borneo FC yang menembus seleksi Garuda Select 4.

Borneo FC boleh dikatakan sebagai tim yang memiliki pembinaan kiper terbaik.

Beberapa waktu lalu, ada Muhammad Ridho dan Nadeo Argawinata, kiper Borneo FC yang menjadi langganan Timnas Indonesia, sebelum akhirnya mereka berpindah klub.

Kemudian, Pesut Etam musim ini mulai mengandalkan penjaga gawang yang cukup muda, Gianluca Pandeynuwu, mendampingi seniornya, Angga Saputra di Liga 1 2021.

Di skuat junior, kiper Borneo FC rupanya juga tak kalah berkelas. Daffa Fasya dari Borneo FC U-18 sukses menembus skuat Garuda Select 4 dan berangkat ke Inggris.

Garuda Select adalah program pembinaan untuk pemain sepak bola muda Indonesia di Eropa, dikomando oleh dua mantan pemain Timnas Inggris, Dennis Wise dan Des Walker.

Daffa Fasya Sumawijaya adalah kiper asal Jawa Barat yang membela Borneo FC U-18, bahkan pernah berlatih bersama tim senior.

Posturnya memang cukup menjulang, yakni 184 cm di usianya yang baru menginjak 17 tahun. Maka, jelas saja Dennis Wise terpikat dengan skill Daffa di bawah mistar gawang.

Sebelum memperkuat Borneo FC, Daffa sempat bergabung di skuat Timnas Pelajar U-15 dan tampil di Kemenpora International Football Championship U-15 tahun 2019.

Pemanggilan Daffa Fasya ke skuat Garuda Select 4 pun mendapat sambutan haru dari presiden klub Borneo FC, Nabil Husein.

"Pemanggilan Daffa ke skuat Garuda Select juga menjadi satu kebanggaan besar bagi kami," ungkap Nabil Husein melalui situs resmi Borneo FC.

"Pemain binaan kami bisa menjadi bagian dari pemain yang dipercaya membela Indonesia, serta mendapat kesempatan mengenyam kemampuan ke luar negeri."

Daffa Fasya sendiri dijadwalkan untuk meninggalkan tim Borneo FC Junior dan memperkuat skuat Garuda Select 4 mulai akhir November 2021 hingga April 2022.