Bola Internasional

3 Fakta Pemain Thailand Pencetak Gol Pertama di Piala AFF 2020

Senin, 6 Desember 2021 13:25 WIB
Editor: Juni Adi
© mickeypathompon
Penyerang Thailand, Pathompol Charoenrattanapirom adalah pencetak gol pertama di Piala AFF 2020. Copyright: © mickeypathompon
Penyerang Thailand, Pathompol Charoenrattanapirom adalah pencetak gol pertama di Piala AFF 2020.

 INDOSPORT.COM - Penyerang Thailand, Pathompol Charoenrattanapirom adalah pencetak gol pertama di Piala AFF 2020. Berikut fakta-fakta menarik tentangnya. 

Turnamen sepak bola bergengsi antar negara Asia Tenggara, Piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura telah menyelesaikan pertandingan perdananya dari Grup A antara Timnas Timor Leste vs Timnas Thailand di Stadion Nasional, Minggu (05/12/21) sore WIB kemarin.

Thailand sukses meraih kemenangan dengan skor meyakinkan 2-0. Tim besutan Alexander Polking sejatinya bisa saja menang dengan margin gol besar.

Sebab Thailand mempunyai banyak peluang emas yang semestinya bisa dikonversi menjadi gol. 

Beberapa di antaranya adalah sundulan bek Thailand, Kritsada Kaman yang memanfaatkan umpan sepak pojok tapi masih membentur mistar gawang.

Penyerang senior Terasil Dangda juga hampir menjebol gawang Timor Leste jika tandukannya tidak bisa diblokir kiper Junildo Pereira.

Tidak ingin ketinggalan, Supachok Sarachart juga ikut menciptakan peluang lewat tendangan dari luar kotak penalti, namun masih melenceng di sisi kiri gawang Timor Leste menit ke-32.

Hampir sepanjang babak pertama Thailand mengurung pertahanan Timor Leste. Akan tetapi karena solidnya pertahanan Timor Leste, membuat para pemain The War Elephant frustasi dalam upayanya mencetak gol.

Namun hingga babak pertama usai, skor 0-0 tak berubah. Kebuntuan baru bisa dipecahkan pada menit ke-51. Thailand unggul lebih dahulu melalui gol Pathompon Charoenrattanapirom.

Ia memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan, bola didorong sedikit sebelum akhirnya melepaskan tendangan keras kaki kanan. Gajah Perang unggul 1-0.

Mouzinho hampir mencetak gol penyeimbang pada menit ke-70. Akan tetapi Mouzinho sedikit terlambat karena tendangan kaki kanannya bisa diblok Manuel Bihr. 

Memasuki menit akhir, Thailand kembali menambah gol. Pada menit ke-81, Supachok sukses membobol gawang Pereira setelah menerima umpan silang.

Skor berubah menjadi 2-0 yang bertahan hingga laga usai. Thailand jadi tim pertama yang mampu meraih tiga poin di Piala AFF 2020.

Sementara Pathompon Charoenrattanapirom jadi pencetak gol pertama di ajang dua tahunan ini. Lantas siapa Pathompon? berikut beberapa fakta menariknya.