Bola Internasional

Mengenal Isles of Scilly Football League, Liga Terkecil di Dunia yang Diakui FIFA

Rabu, 8 Desember 2021 13:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Sepak bola memiliki banyak kisah menarik nan unik di dalamnya. Salah satu yang unik adalah adanya liga terkecil di dunia yang telah diakui FIFA, yakni Isles of Scilly Football League.

Jika membayangkan liga terkecil di dunia, maka pikiran penikmat sepak bola akan mengarah kepada luas wilayah dari liga tersebut.

Pada dasarnya, besarnya suatu liga atau secara kuantitas tim di dalamnya, dilihat dari besarnya negara atau daerah asal liga itu sendiri.

Sebagai contoh, di Indonesia yang terbilang luas ini, setiap daerah punya tim tersendiri. Hal ini memicu adanya pembagian wilayah dalam perjalanan liganya.

Sebelum era Indonesia Super League (ISL) dan Liga 1, kasta sepak bola teratas Indonesia menerapkan dua wilayah yakni Wilayah Barat dan Wilayah Timur pada gelaran Liga Djarum Indonesia.

Nantinya setiap klub akan ditaruh di wilayah masing-masing sesuai daerahnya. Sebagai contoh Sriwijaa FC yang ada di Wilayah Barat dan Persipura Jayapura yang ada di Wilayah Timur.

Lantas bagaimana bila ada negara atau daerah yang kecil? Akankah negara kecil itu punya klub dan liga tersendiri? Jawabannya tentu ada.

Salah satunya adalah Isles of Scilly Football League yang saat ini tercatat sebagai liga terkecil di dunia. Sematan terkecil ini tak hanya soal luas wilayah, melainkan juga jumlah tim yang berpartisipasi di dalamnya.

Lantas, seperti apa liga yang ada di Kepulauan Scilly itu?