Liga Europa

Mengenang 5 Perjalanan Terakhir Barcelona di Liga Europa, Tak Pernah Juara!

Jumat, 10 Desember 2021 12:23 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Andreas Gebert
Barcelona harus merasakan getirnya turun kasta ke Liga Europa musim ini, di mana Blaugrana tercatat pernah bermain di kasta kedua Eropa itu sebanyak 5 kali. Copyright: © REUTERS/Andreas Gebert
Barcelona harus merasakan getirnya turun kasta ke Liga Europa musim ini, di mana Blaugrana tercatat pernah bermain di kasta kedua Eropa itu sebanyak 5 kali.

INDOSPORT.COM – Barcelona harus merasakan getirnya turun kasta ke Liga Europa musim ini. Nyatanya, Blaugrana tercatat pernah bermain di kasta kedua Eropa itu sebanyak lima kali.

Barcelona harus mengucapkan selamat tinggal untuk Liga Champions dan mengatakan selamat datang untuk Liga Europa pasca dihajar Bayern Munchen, Kamis (09/12/21).

Dalam laga terakhir grup E Liga Champions tersebut, Barcelona takluk dengan skor 0-3 dari Bayern Munchen lewat gol Thomas Muller, Leroy Sane dan Jamal Musiala.

Kekalahan Barcelona itu dibarengi dengan kemenangan Benfica atas Dynamo Kiev. Alhasil, Blaugrana yang ada di peringkat kedua, seketika tergusur ke tempat ketiga.

Terjerembab ke peringkat ketiga grup E membuat Barcelona pun lantas turun kasta dan harus bermain di Liga Europa untuk musim ini.

Turun kastanya Barcelona di Liga Europa pun menjadi aib tersendiri bagi pendukungnya. Pasalnya, ini kali pertama Blaugrana gagal lolos dari babak grup Liga Champions sejak musim 2000/01 atau 21 tahun silam.

21 tahun lalu, Barcelona juga finis di peringkat ketiga fase grup Liga Champions di belakang AC Milan dan Leeds United, sehingga harus turun ke Piala UEFA (Liga Europa).

Selain di musim ini, tercatat Barcelona pernah bermain di Liga Europa atau saat masih bernama Piala UEFA dalam beberapa tahun di tiga dekade terakhir.

Lantas, pada musim berapa saja Barcelona bermain di Liga Europa (Piala UEFA) dan bagaimana hasilnya? Berikut ulasannya.