In-depth

4 Kontroversi yang Menyelimuti Gelaran Piala AFF 2020

Rabu, 15 Desember 2021 15:35 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Gelaran Piala AFF 2020 sangat disoroti publik, lantaran banyak kontroversi yang terjadi. Apa saja kegaduhannya itu? Copyright: © INDOSPORT
Gelaran Piala AFF 2020 sangat disoroti publik, lantaran banyak kontroversi yang terjadi. Apa saja kegaduhannya itu?

INDOSPORT.COM - Gelaran Piala AFF 2020 sangat disoroti publik, lantaran banyak kontroversi yang terjadi. Apa saja kegaduhannya itu?

Turnamen sepak bola antar negara Asia Tenggara, Piala AFF 2020 telah memasuki hari ke-10 penyelenggaraan yang berlangsung sejak 05 Desember 2021 hingga 01 Januari 2022. 

Meski sejauh ini sudah berlangsung sukses, namun gelaran Piala AFF 2020 tidak lepas dari kata-kata kontroversi seperti di edisi-edisi sebelumnya. Salah satu yang paling hangat saat ini adalah soal nasib Elkan Baggott.

Elkan Baggott tak bisa tampil memperkuat Timnas Indonesia di matchday ke-3 Grup B Piala AFF 2020 melawan Vietnam pada Rabu (15/12/21), dikarenakan harus menjalani karantina.

Padahal kehadiran Elkan Baggott sangat membantu pertahanan Timnas Indonesia untuk meredam serangan agresivitas Vietnam, yang sejauh ini belum terkalahkan.

Kehilangan bek Ipswich Town itu tentu menjadi pukulan telak bagi Timnas Indonesia, karena mereka harus menjalani sisa pertandingan Grup B akan semakin berat.

Elkan Baggott harus menjalani karantina mandiri hingga 18 Desember 2021, karena pesawat yang ditumpanginya saat membawa ia dari London ke Singapura terdapat satu penumpang yang positif terpapar virus covid-19 varian baru Omicron.

Pemerintah Singapura pun langsung mengambil tindakan, melalui Kementerian Kesehatan kemudian bersurat kepada PSSI dan meminta agar Elkan Baggott segera menjalani isolasi terlebih dahulu.

Elkan Baggott sendiri sejatinya sudah bergabung dengan Timnas Indonesia sejak tiba pada Rabu (08/12/21), karena Singapura sudah tidak memberlakukan kewajiban karantina beberapa waktu lalu.

Ia sempat menyaksikan pertandingan secara langsung timnas Indonesia mengalahkan Kamboja dengan skor 4-2 di Stadion Bishan, Kamis (9/12/2021).

Pada saat laga melawan Laos, Minggu (12/12/2021), Elkan Baggott dipercaya bermain selama 45 menit sejak babak kedua.

Saat ini, PSSI tengah menjalin komunikasi dengan pemerintah Singapura agar Elkan Baggott masih bisa tampil di Piala AFF 2020.

"Saya menyayangkan aturan ini karena Elkan Baggott sudah bermain saat melawan Laos," ucap Mochamad Iriawan dilansir dari laman resmi PSSI.

"Seharusnya kalau mau dikarantina kan dari awal sebelum melawan Laos. Lagi pula yang bersangkutan sudah tes PCR dan hasilnya negatif," tambahnya.

Kontroversi di Piala AFF 2020 bukanlah hanya kasus Elkan Baggott saja, tercatat ada beberapa kasus kontroversi lain berikut daftarnya: