Bola Internasional

Piala AFF: Shin Tae-yong Buka Suara Soal Aturan Karantina Elkan Baggott, Timnas Dirugikan!

Kamis, 16 Desember 2021 05:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© pssi
Shin Tae-yong Buka Suara Soal Aturan Karantina Elkan Baggott, Akui Jika Timnas Dirugikan. Copyright: © pssi
Shin Tae-yong Buka Suara Soal Aturan Karantina Elkan Baggott, Akui Jika Timnas Dirugikan.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong akhirnya buka suara soal absennya Elkan Baggott di laga Grup B Piala AFF 2020 vs Vietnam, Rabu (15/12/21). Bek tengah itu terpaksa tak bisa dimainkan karena harus jalani aturan karantina.

Seperti diketahui, Elkan Baggott diminta dikarantina mendadak dengan alasan satu pesawat dengan penumpang yang positif covid-19 (varian omicron) saat terbang dari London ke Singapura pada Selasa (07/12/21) lalu.

Tetapi, situasi tersebut membuat Shin Tae-yong bingung. Anak asuhnya itu sudah empat kali menjalani tes PCR dan hasilnya negatif, sehingga pelatih Korea Selatan itu mempertanyakan apa alasan kuat untuk dikarantina. 

"Ada masalah soal Elkan dimana dia sudah main lawan Laos tapi dibawa untuk karantina padahal kami semua ikut protokol kesehatan dan pcr sudah 4 kali dan hasilnya negatif dan itu bersama semua staf, pemain dan official. Jadi saya tak paham kenapa dia (Elkan) harus karantina," kata Shin Tae-yong. 

Absennya Elkan Baggott memaksa Shin Tae-yong mengubah taktik dan strategi. Alhasil, dia meminta skuat Garuda bermain dengan tiga bek dan fokus bertahan lawan Vietnam. 

"Memang kami gunakan tiga bek, sengaja karena pemain nomor 19 dan 10 Vietnam sangat baik pergerakannya, jadi kami mainkan pola itu," tuturnya. 

"Dengan alasan itu (absennya Elkan Baggott) defense jadi lemah dan mau tak mau saya pakai tiga bek dan minta gelandang fokus bertahan daripada menyerang," tandas pelatih 52 tahun itu.