Bola Internasional

Piala AFF: Lebih Mudah, Legenda Persib dan Timnas Optimis Skuat Garuda Taklukkan Malaysia

Sabtu, 18 Desember 2021 00:04 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan pemain Persib dan Timnas Indonesia, Zaenal Arief Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan pemain Persib dan Timnas Indonesia, Zaenal Arief

INDOSPORT.COM - Legenda Persib Bandung dan Timnas Indonesia, Zaenal Arief, merasa optimis skuat Garuda bisa menaklukkan Malaysia pada pertandingan pamungkas Grup B Piala AFF 2020 di National Stadium Singapura, Minggu (19/12/21).

Rasa optimis Abo sapaan akrabnya bukan tanpa alasan, pasalnya dia melihat Timnas Indonesia saat ini memiliki banyak pemain berkualitas.

Selain itu, permainan skuat Garuda sudah mengalami peningkatan, hal itu terlihat pada pertandingan sebelumnya saat menghadapi Vietnam, Rabu (15/12/21).

Pada pertandingan menghadapi Vietnam, skuat Garuda memang gagal mengamankan poin penuh, meski begitu tim besutan pelatih Shin Tae-yong mampu menahan imbang Vietnam tanpa gol.

Selain itu, secara kualitas, Malaysia bisa dikatakan berada di bawah Vietnam, sehingga hal itu yang membuat Abo merasa optimis Timnas Indonesia bisa meraih hasil maksimal di pertandingan nanti.

"Ketika saya nonton Timnas semalam, saya optimis ketika Timnas berhadapan dengan Malaysia, karena kekuatan Malaysia tidak seberat seperti Vietnam," kata Zaenal Arief saat ditemui di Gedung Asosiasi PSSI Provinsi Jawa Barat, Jalan Lodaya, Kota Bandung, Kamis (16/12/21).

"Saya melihat sepakbola Vietnam sekarang sudah maju mereka bisa dikatakan sejajar dengan Thailand. Kalau lawan Malaysia, saya pikir bisa diatasi," ucapnya menambahkan.

Mantan striker Persita Tangerang ini berharap, pada pertandingan nanti Shin Tae-yong bisa menurunkan pemain yang kondisi bugar dan siap bertanding, agar target meraih kemenangan dan melangkah ke babak selanjutnya bisa tercapai.

Pasalnya, Zaenal Arief menilai pada pertandingan menghadapi Vietnam, skuat Garuda bekerja keras menahan serangan lawan, sehingga dipastikan kondisi kebugaran pemain akan terkuras.

Hal itu menurut Zaenal Arief, menjadi tantangan pelatih Timnas Indonesia untuk bisa mempersiapkan pemain terbaiknya saat hadapi Malaysia nanti.