Liga Indonesia

Flashback Kurniawan Dwi Yulianto: Tak Direstui Main Bola, Hampir jadi Atlet Bulutangkis

Senin, 20 Desember 2021 14:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Fandom.id
Flashback perjalanan karier Kurniawan Dwi Yulianto, sempat tidak direstu jadi pemain bola, bahkan hampir putar haluan menjadi atlet bulutangkis. Copyright: © Fandom.id
Flashback perjalanan karier Kurniawan Dwi Yulianto, sempat tidak direstu jadi pemain bola, bahkan hampir putar haluan menjadi atlet bulutangkis.

INDOSPORT.COM - Flashback perjalanan karier Kurniawan Dwi Yulianto, sempat tidak direstu jadi pemain bola, bahkan hampir putar haluan menjadi atlet bulutangkis.

Kurniawan Dwi Yulianto adalah legenda sepak bola Indonesia, sekaligus menjadi pemain pertama yang membela tim Eropa. Ia membela Sampdoria di tahun 1993 silam.

Namun siapa sangka, di masa kecilnya, Kurniawan sempat tak direstui oleh kedua orang tuanya untuk menjadi pemain bola. 

"Waktu itu orang tua saya tidak mendukung, karena mungkin zaman dulu apa sih yang didapat dari main bola. Saya sering kena marah, karena sore-sore kan waktunya ngaji, saya sering bolos," ujar Kurniawan.

Saat menjadi bintang tamu di Youtube GAN Channel, Kurniawan Dwi mengungkapkan bahwa saat kecil ia hampir didaftarkan ke sekolah bulutangkis, alih-alih ke SSB.

"Kelas 1 SMP orang tua saya marah besar. Kalau kamu mau jadi olahragawan, kamu harus jadi pemain bulutangkis. Itu zaman Lim Swie King," ungkap Kurniawan lagi.

"Jadi, saya mau disekolahkan ke sekolah bulutangkis di Magelang. Tapi mungkin karena sudah jalan saya jadi pemain sepak bola, sore itu tutup sekolah bulutangkisnya."

"Saya sama orang tua balik. Di jalan saya lihat spanduk, dibuka sekolah sepak bola di Magelang. Jadi saya nangis minta turun, minta didaftarin ke sekolah sepak bola."

Setelah membujuk orang tuanya, Kurniawan Dwi Yulianto akhirnya didaftarkan di SSB tersebut. Namun, ia mengaku masih belum mengantongi restu untuk berkarier di sepak bola.