Bola Internasional

Malaysia Hancur Lebur di Piala AFF 2020, Jadwal Liga Dianggap Penyebabnya

Selasa, 21 Desember 2021 13:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Malaysia Hancur Lebur di Piala AFF 2020, Jadwal Liga Dianggap jadi Penyebabnya Copyright: © PSSI
Malaysia Hancur Lebur di Piala AFF 2020, Jadwal Liga Dianggap jadi Penyebabnya

INDOSPORT.COM - Meski dianggap sudah punya liga yang lebih baik ketimbang Indonesia, Malaysia rupanya juga dinilai belum becus mengatur kompetisi domestik mereka. Bahkan hal ini kemudian jadi kambing hitam kegagalan timnas mereka di Piala AFF 2020.

Opini tajam menohok ini disampaikan oleh Lim Teong Kim selaku mantan kepala program pengembangan sepak bola Malaysia.

Rangkaian pertandingan Liga Super Malaysia dan timnas Malaysia yang masih berlangsung hingga kurang dari seminggu pembukaan Piala AFF 2020 membuat persiapan Safawi Rasid cs. tidak cukup matang.

Akhinya Lim pun menyalahkan federasi Malaysia (FAM) beserta Malaysian Football League (MFL) atas situasi ini. Ia berharap ke depannya akan ada evaluasi kembali.

Tan Cheng Hoe sebagai pelatih Harimau Malaya juga ikut dikritiknya karena tidak meminta izin untuk mengumpulkan skuatnya lebih awal. Kendati demikian, Lim sadar jika kuasa sang juru latih tidak sekuat itu sehingga bisa memaksa klub melepas pemain secara dini.

"Saya dengar Malaysia tidak punya cukup waktu untuk berlatih bersama. Pelatih tidak bisa disalahkan sendiri karena jika kita lihat lagi jadwal sepak bola kita ini salah karena berpatok pada Eropa," ungkap Lim Teong Kim seperti dilansir Berita Harian.

"Apakah MFL tidak tahu kalau AFF digelar pada Desember? Kenapa pula harus menyusahkan persiapan negara jelang turnamen penting,"cetusnya.

"Tidak adakah perundingan antara FAM dan MFL untuk menentukan jadwal? Pelatih juga salah tidak mengadakan pemusatan latihan lebih awal tapi kita tidak bisa menyuruhnya bertanggung jawab untuk semua kesalahan," tambahnya lagi.