Bola Internasional

Piala AFF: Cetak Assist untuk Timnas Indonesia, Asnawi Disanjung K-League

Kamis, 23 Desember 2021 13:46 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Asnawi Mangkualam Bahar mendapat sanjungan dari liga elite Korea Selatan, K-League, setelah mencetak assist untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Copyright: © PSSI
Asnawi Mangkualam Bahar mendapat sanjungan dari liga elite Korea Selatan, K-League, setelah mencetak assist untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM – Asnawi Mangkualam Bahar mendapat sanjungan dari liga elite Korea Selatan, K-Leage, setelah mencetak assist untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 melawan Singapura pada pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2020 yang digelar Rabu (22/12/21) malam WIB.

Gol semata wayang Tim Garuda dicetak oleh Witan Sulaeman pada menit ke-28 yang dibalas oleh Singapura di babak kedua Ikhsan Fandi.

Adapun gol Witan Sulaeman tersebut dicetak setelah menerima assist dari bek Asnawi Mangkualam. Proses terjadinya gol pun sangat cantik dan rapi di lini pertahanan Singapura.

Diawali merebut bola di sisi kanan pertahanan Indonesia, gelandang klub Korea Selatan Ansan Greeners tersebut melewati tekel pemain Singapura dan membawa bola menuju sepertiga akhir.

Dari sisi kanan, Asnawi mengoper bola ke Witan Sulaeman dengan mengolongi pemain Singapura lainnya. Oleh Witn, bola dikembalikan ke Asnawi yang terus merangsek.

Asnawi tak terlalu lama menguasai bola dan melepas umpan tarik, yang kemudian disambar Witan. Penyelesaian akurat Witan menuntaskan serangan menjadi sebuah gol untuk Indonesia.

Penampilan tersebut mendapat pujian di dunia maya, salah satunya dari admin K-League yang mengklaim Asnawi telah melakukan hal yang sama dengan saat dia membela Ansan Greeners musim ini.

“Wajah yang sama melakukan hal yang sama. Kerja bagus Asnawi,” demikian tulis admin K-League melalui akun Twitter.

K League sangat puas dengan penampilan Asnawi bersama Timnas Indonesia. Ini menunjukkan bahwa mantan bek PSM Makassar itu tampil konsisten baik bersama klub maupun negaranya.