Bola Internasional

Piala AFF: Rekor Impresif Timnas Indonesia Saat Tampil di Leg Kedua Semifinal

Sabtu, 25 Desember 2021 13:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Piala AFF: Rekor Impresif Timnas Indonesia Saat Tampil di Leg Kedua Semifinal Copyright: © PSSI
Piala AFF: Rekor Impresif Timnas Indonesia Saat Tampil di Leg Kedua Semifinal

INDOSPORT.COM – Melihat rekor Timnas Indonesia saat tampil di leg kedua babak semifinal Piala AFF sepanjang sejarah, di mana skuat Garuda hanya sekali telan kekalahan.

Pada Sabtu (25/12/21) sore WIB nanti, Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangan mereka di gelaran Piala AFF 2020 dengan menghadapi tuan rumah Singapura pada leg kedua semifinal.

Berbekal hasil imbang 1-1 pada pertemuan pertama, maka di pertandingan sore nanti baik Timnas Indonesia ataupun Singapura wajib raih kemenangan untuk bisa pastikan satu tiket ke final.

Jelang laga ini, pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida, mengatakan jika dirinya tak mau melewati babak adu penalti dan bertekad tumbangkan Timnas Indonesia pada waktu normal.

Pasalnya, selain akan melelahkan bermain selama 120 menit (plus babak ekstra), tekanan mental juga akan lebih besar buat Singapura apalagi mereka tampil sebagai tuan rumah. 

Sementara di Timnas Indonesia, ketambahan Egy Maulana Vikri yang diprediksi turun pada leg kedua nanti, bakal membuat lini serang skuat Garuda tampil lebih garang.

Bagi Timnas Indonesia, partai semifinal Piala AFF 2020 ini merupakan yang kelima dalam era dua leg sepanjang sejarah.

Sebagai informasi, pada Piala AFF tahun 1996 hingga 2002, sistem kompetisi terutama di babak semifinal tidak menggunakan laga home away, sehingga hanya sekali tanding untuk memperebutkan tiket ke partai final.

Dalam empat edisi Piala AFF tersebut, Timnas Indonesia selalu berhasil melangkah ke babak semifinal, namun pencapaian terbaiknya hanya jadi runner up tahun 2000 dan 2002.

© Anusak Laowilas/NurPhoto via Getty Images
Fachrudin Aryanto (kiri) merebut Siroch Chatthong (kanan) pada laga Thailand vs Timnas Indonesia di final leg kedua Piala AFF 2016. Copyright: Anusak Laowilas/NurPhoto via Getty ImagesFachrudin Aryanto (kiri) merebut Siroch Chatthong (kanan) pada laga Thailand vs Timnas Indonesia di final leg kedua Piala AFF 2016.

Sementara untuk era dua leg, Timnas Indonesia berhasil melangkah ke partai final Piala AFF sebanyak tiga kali yakni pada tahun 2004, 2010, serta 2016.

Sepanjang empat kali pertandingan di semifinal era home and away, Timnas Indonesia sejatinya tampil sangat impresif terutama pada laga leg kedua.

Pada semifinal leg kedua Piala AFF 2004 misalnya, dalam pertandingan yang berlangsung di Bukit Jalil National Stadium, Kuala Lumpur, tersebut, Timnas Indonesia berhasil menang telak 1-4 atas Malaysia.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia lolos ke final dengan agregat 5-3, dan bertemu Singapura yang sebelumnya juga menang atas Myanmar di empat besar.

Di Piala AFF 2010, Timnas Indonesia yang kembali berhasil lolos ke semifinal, bertemu dengan tim kuda hitam bertabur pemain naturalisasi, Filipina.

Meski harus menghadapi tembok tangguh Neil Etheridge yang mengisi pos penjaga gawang Filipina, namun skuat Garuda sukses raih kemenangan dalam dua leg langsung.

Hebatnya lagi, Timnas Indonesia mampu menang tanpa kebobolan satu gol pun dengan aggregate 2-0. Sosok Cristian Gonzales jadi pahlawan berkat dua golnya pada leg pertama dan leg kedua di laga ini.