Bola Internasional

Bukan Piala AFF, Alasan Pilu Pelatih Jepang Tinggalkan Timnas Singapura

Rabu, 29 Desember 2021 09:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida, memiliki alasan pilu menyusul keputusannya undur diri dari jabatannya menyusul tersingkirnya anak-anak didiknya dari turnamen Piala AFF 2021.

Pada Selasa (28/12/21), Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) mengonfirmasi melalui laman resminya bahwa kesepakatan kerja sama dengan Tatsuma Yoshida resmi berakhir per 31 Desember 2021.

Keputusan ini sendiri dibuat beberapa hari berselang setelah Ikhsan Fandi dkk gagal melangkah ke final Piala AFF 2020 usai dikalahkan timnas Indonesia.

Setelah bermain imbang 1-1 di leg pertama, Singapura harus menelan pil pahit leg kedua berakhir dengan kekalahan 2-4 dan memastikan timnas Indonesia menuju final Piala AFF 2020.

Kekalahan ini sejatinya sangat diaprestasi oleh Tatsuma Yoshida. Bahkan, dia menyebut ini merupakan permainan terbaik The Lions yang pernah dilihatnya.

Namun, Yoshida mengatakan dirinya harus membuat keputusan karena dia sudah menjalani masa-masa sulit selama dua tahun. Dirinya harus terpisah dengan keluarga mengingat pembatasan perjalanan yang diberlakukan akibat pandemi COVID-19.

“Ini bukan keputusan yang mudah bagi saya untuk sampai dan sebagian dari diri saya berharap saya tidak harus membuatnya sama sekali,” ujar Yoshida saat berpamitan, dikutip dari laman resmi FAS. 

“Dua tahun terakhir tidak mudah bagi saya dan keluarga mengingat pembatasan perjalanan yang diberlakukan akibat pandemi,” jelasnya.

Tatsuma Yoshida berterima kasih kepada FAS yang telah mendukung selama dia di Singapura. Bersama Singapura, dirinya merasa diterima tidak hanya oleh manajemen, tetapi juga setiap anggota staf dan para penggemar.