Bola Internasional

Singapura Tersingkir dari Piala AFF 2020, Pelatih asal Jepang Resmi Undur Diri

Rabu, 29 Desember 2021 08:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida, resmi mengundurkan diri menyusul tersingkirnya anak-anak didiknya dari turnamen Piala AFF 2021.

Pada Selasa (28/12/21), Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) mengonfirmasi melalui laman resmi bahwa kesepakatan kerja sama dengan Tatsuma Yoshida resmi berakhir per 31 Desember 2021.

Tatsuma Yoshida akan kembali ke Jepang bersama keluarganya selama pandemi virus corona berlangsung dan belum dipastikan ke mana tujuan berikutnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FAS (@fasingapore)

Keputusan ini sendiri dibuat beberapa hari berselang setelah Ikhsan Fandi dkk gagal melangkah ke final Piala AFF 2020 usai dikalahkan timnas Indonesia.

Setelah bermain imbang 1-1 di leg pertama, Singapura yang mengandalkan delapan pemain usai diganjar tiga kartu merah tak mampu meredam serangan Timnas Garuda.

Leg kedua pun berakhir dengan kekalahan 2-4 melalui babak perpanjangan waktu, dan memastikan Singapura kalah secara agregat 2-5.

Meski demikian, kekalahan ini bukanlah hal yang mengecewakan bagi pihak FAS dan Tatsuma. Tatsuma bahkan menyebut ini merupakan permainan terbaik anak-anak didiknya yang pernah dilihatnya.

“Sangat mengecewakan bahwa Tatsuma meninggalkan Tim Nasional setelah melihat berapa banyak kerja keras dan upaya yang telah dia lakukan, bersama staf ruang belakang, untuk meningkatkan standar yang ditetapkan oleh timnas ‘A’ kami,” ujar presiden FAS Mr. Lim Kia Tong.

FAS juga mengaku sangat menghargai kontribusi Tatsuma di Singapura. Kehadirannya telah mengubah gaya permainan tim lebih agresif seiring dengan perkembangan sepak bola modern.

“Saya jelas tidak ingin melihatnya pergi, tetapi saya sepenuhnya menghormati keputusannya untuk memprioritaskan keluarganya selama masa-masa yang tidak pasti ini dan mencari peluang kembali ke rumah untuk lebih dekat dengan mereka,” sambung Mr Lim.