In-depth

Pernah Bikin Pelatih Perancis Mundur, Apa Kabar 'Ular Piton' Budi Sudarsono?

Jumat, 31 Desember 2021 21:37 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Media Officer Persik Kediri
Legenda Timnas Indonesia, Budi Sudarsono Copyright: © Media Officer Persik Kediri
Legenda Timnas Indonesia, Budi Sudarsono

INDOSPORT.COM - Pernah membuat pelatih top Prancis, Philippe Troussier mundur dari jabatannya, apa kabar Budi Sudarsono 'Si Ular Piton' dari Indonesia?

Mendengar nama Budi Sudarsono, selalu identik dengan kiprahnya bersama Timnas Indonesia. Ia merupakan salah satu striker lokal yang paling produktif pada masanya.

Belasan gol sudah ia lesakkan untuk Timnas Indonesia, belum lagi ketika bermain di klub.  Budi Sudarsono adalah striker lokal paling disegani karena ketajamannya di lini depan.

Ia pernah membela Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Deltras Sidoarjo, Persik Kediri, Sriwijaya FC, Persib Bandung, hingga Persikabo Bogor, sebelum ke Kalteng Putra.

Namun, semenjak gantung separu di akhir musim 2017, apa kabar Budi Sudarsono, pemain yang dijuluki sebagai Ular Piton?

Saat menjadi bintang tamu di KR TV, Budi Sudarsono mengaku saat ini masih berkutat di dunia seoak bola. Ia disibukkan dengan kegiatan sebagai pelatih di suatu akademi.

"Sekarang melatih di akademi, kontraknya dua tahun lah, kita coba setahun dulu. Iya pasti (serius terjun ke kepelatihan), karena darahnya kita di bola," ujar Budi Sudarsono.

Keputusan untuk menjadi pelatih sudah ia pikirkan dengan matang, bahkan sebelum resmi pensiun dari karir profesionalnya.

"Saya terakhir main di Kalteng Putra tahun 2017, akhirnya jadi asisten, dari asisten ke pelatih," ungkap sosok 42 tahun tersebut.