Bola Internasional

Piala AFF: Media Vietnam Ikut Kaget 4 Pemain Timnas Indonesia Dilarang Main

Minggu, 2 Januari 2022 12:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Elkan Baggott termasuk di antara 4 pemain Timnas Indonesia yang dilarang main di final Piala AFF Copyright: © PSSI
Elkan Baggott termasuk di antara 4 pemain Timnas Indonesia yang dilarang main di final Piala AFF

INDOSPORT.COM – Kabar empat pemain Timnas Indonesia dilarang main saat leg kedua final Piala AFF 2020 rupanya juga turut mengejutkan media di Vietnam.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia dihantam kabar kurang sedap di Piala AFF 2020. Jelang partai puncak, sebanyak empat penggawa Tim Garuda resmi dilarang tampil bersua Thailand.

Keempat pemain tersebut yakni Elkan Baggott, Victor Igbonefo, Rizky Dwi, dan Rizky Ridho. Mereka dilarang bermain karena dianggap melanggar aturan gelembung panitia penyelenggara negara tuan rumah.

Kabar ini rupanya menjadi sorotan media di Vietnam, Laodong. Media ini ini bertanya-tanya apa yang yang menyebabkan keempat pemain tiba-tiba dianggap melanggar aturan.

Terlebih, larangan ini datang beberapa jam jelang timnas Indonesia berjuang mencari keajaiban kontra Thailand di leg kedua final Piala AFF. Di pertemuan pertama, mereka takluk 0-4 dari Thailand.

Media ini menyoroti penjelasan Shin Tae-yong yang mengaku sangat kecewa dengan keputusan panitia penyelanggara. Juru taktik asal Korea itu mengklaim para pemainya hanya keluar hotel untuk memberi hal-hal penting.

“Saya merasa sangat kecewa. Baru setelah sarapan (1 Januari) saya tahu bahwa 4 pemain dilarang. Mereka hanya pergi untuk membeli hal-hal penting seperti sampo…” ujar Shin Tae-yong.

“Denda juga dapat dimengerti. Kami berada dalam gelembung tertutup untuk beberapa bulan dan tidak memiliki stok keperluan pribadi,” jelasnya.

Shin Tae-yong memang sedikit menyoroti berbagai keputusan panitia Piala AFF. Bila memang sistem bubble namun ternyata Timnas Indonesia satu lantai dengan tamu umum di hotel mereka menginap.

Selain itu, Shin Tae-yong juga menilai para tamu ini kerap mengganggu waktu istirahat Timnas Indonesia. Sebab mereka kerap melakukan pesta di akhir pekan hingga mabuk.