Bola Internasional

Indra Sjafri Bangga, Egy Maulana Cs Makin Dewasa Usai Main di Luar Negeri

Selasa, 4 Januari 2022 13:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Eks pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, mengaku bangga karena beberapa mantan anak asuhnya makin dewasa saat berkarier di luar negeri.

Sebagaimana diketahui, Indra Sjafri ialah mantan pelatih timnas Indonesia spesialis usia muda. Ia dikenal karena mencari bibit pemain potensial dengan sistem blusukan.

Hasilnya, Indra Sjafri berhasil membawa timnas Indonesia menjuarai Piala AFF U-19 2013, lalu menjuarai Piala AFF U-22 2019, hingga medali perak SEA Games 2019.

Kini, Indra Sjafri diangkat menjadi Direktur Teknik PSSI, di mana posisi kepelatihan timnas Indonesia saat ini diambil alih oleh pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Beberapa anak asuhnya juga saat ini sudah berkarier di luar negeri, sebut saja Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, hingga Syahrian Abimanyu.

Keempat pemain ini kemudian dipanggil ke timnas Indonesia senior yang tampil di Piala AFF 2020. Hasilnya, skuat Garuda bisa menjadi runner up meski tak diunggulkan.

Selain hasil di atas lapangan, Indra Sjafri juga mengaku bangga karena para pemain yang berkarier di luar negeri mencontohkan perilaku yang baik ke rekan-rekan satu tim.

"Ada beberapa pemain yang bermain di luar negeri, saya selaku pelatih yang pernah menangani mereka, ada beberapa hal positif yang terlihat," ungkap Indra Sjafri.

"Pertama, lifestyle, mereka memperlihatkan sikap, gaya hidup sebagai seorang pemain profesional," terang Dirtek PSSI, Indra Sjafri saat menjadi bintang tamu di kanal Bola62.