Bola Internasional

Elkan Baggott Ungkit Kelemahan Timnas Indonesia yang Harus Dibenahi

Senin, 10 Januari 2022 18:15 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Elkan Baggott, pemain Timnas Indonesia. Copyright: © PSSI
Elkan Baggott, pemain Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - PSSI pada hari Senin (10/01/22) ini merilis video wawancara mereka dengan bek muda andalan timnas Indonesia, Elkan Baggott. Berbagai pertanyaan dilontarkan untuk pemain 19 tahun berdarah Inggris tersebut termasuk apa kelemahan tim Garuda saat ini.

Elkan yang saat itu ditemui di tengah pemusatan latihan di Turki sebelum Piala AFF 2020 digelar tentunya belum punya banyak waktu untuk mengenal tim dengan baik. Hanya ada satu hal yang bisa ia garis bawahi soal kekurangan timnas Indonesia.

Hal itu adalah kendala bahasa. Mengingat bahasa ibu yang digunakan Elkan adalah bahasa Inggris, terdapat sejumlah kesulitan yang ia temui untuk memahami rekan-rekannya yang lain. Mungkin itulah alasan kenapa Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia belum banyak menjadikannya pemain inti.

Akan tetapi Elkan tidak merasa terasing karena banyak penggawa timnas Indonesia yang bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Contohnya saja Ezra Walian, striker keturunan Belanda, yang juga menjadi teman satu kamarnya dan begitu juga Victor Igbonefo.

"Untuk sekarang ada masalah di komunikasi. Ada banyak sekali bahasa yang digunakan oleh (orang-orang di dalam) tim. Nanti jika sudah teratasi, kelemahan itu akan hilang," ujar Elkan. 

"Jika harus bicara dengan pemain lain yang tidak bisa bahasa Inggris saya akan menemui pemain yang bisa, contohnya Ryuji (utomo). Bahasa Inggris-nya bagus. Ezra juga namun pada dasarnya semua pemain tahu sedikit soal bahasa Inggris,"

"Sejak jadi WNI saya coba untuk menggunakan bahasa Indonesia sesering mungkin demi melancarkan. Ezra, Ryuji, dan Victor adalah teman terdekat saya di timnas Indonesia," tambah pemain Ipswich Town di divisi Championship Inggris tersebut.