Bola Internasional

Rekap Fase Grup Piala Afrika 2021: Kejutan 2 Debutan, Gambia dan Komoro

Jumat, 21 Januari 2022 09:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Rekap fase grup Piala Afrika 2021 yang baru saja memainkan partai terakhir pada Jumat (21/01/22) ini. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Rekap fase grup Piala Afrika 2021 yang baru saja memainkan partai terakhir pada Jumat (21/01/22) ini.

INDOSPORT.COM - Berikut rekap fase grup Piala Afrika 2021 yang baru saja memainkan partai terakhir pada Jumat (21/1/22).

Sejumlah kejutan mewarnai turnamen dua tahunan ini termasuk lolosnya Gambia ke babak knock-out kendati baru ikut serta di Piala Afrika edisi sekarang.

Di Grup A, sesuai dengan prediksi banyak orang sebelumnya, Kamerun melenggang mulus sebagai juara. The Indomitable Lions memuncaki klasemen akhir dengan tujuh poin sekaligus menduduki peringkat tertinggi top skor sementara lewat bomber mereka, Vincent Aboubakar.

Burkina Faso kemudian menyusul di peringkat kedua dan juga berhak lolos ke 16 besar. Sementara itu Tanjung Verde berhak berpesta atas kegagalan Ethiopia dalam persaingan perebutan tiket lolos via jalur peringkat tiga terbaik.

Persaingan yang lebih ketat tersaji di Grup B di mana penentuan juara grup masih terbuka bagi setiap tim sampai matchday pamungkas.

Senegal (5 poin) kemudian berhasil memenangi pertempuran di puncak dan lolos ke ronde selanjutnya diikuti Guinea (4 poin) dan Malawi (4 poin) meninggalkan Zimbabwe di dasar klasemen.

Walau tanpa bintang terbesar mereka yang harus pulang karena cedera, Pierre-Emerick Aubameyang, Gabon masih bisa bersaing di Grup C dan lolos ke 16 besar. The Panthers menjadi runner-up diapit Maroko sebagai juara dan Komoro yang masuk kategori peringkat tiga terbaik.

Ketiga negara tersebut sukses menjungkalkan tim raksasa benua hitam, Ghana, yang harus puas pulang sebagai juru kunci.

The Black Star yang punya koleksi empat gelar Piala Afrika memang pada edisi kali ini tidak diperkuat nama-nama besar lagi sehingga wajar hanya mampu mendulang satu poin.