Liga Champions

Didominasi Ronaldo, UEFA Rilis Daftar Pemain dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

Rabu, 26 Januari 2022 21:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Jonathan Moscrop/Getty Images
Cristiano Ronaldo dominasi catatan pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Champions versi UEFA Copyright: © Jonathan Moscrop/Getty Images
Cristiano Ronaldo dominasi catatan pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Champions versi UEFA

INDOSPORT.COM – Bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo mendominasi daftar pemain denan penampilaan terbanyak di Liga Champions yang dirilis UEFA hari ini, Rabu (26/01/22).

Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) melalui akun Twitter-nya merilis daftar 43 pemain yang telah membuat lebih dari 100 penampilan di ajang bergengsi Liga Champions.

Sebanyak 43 pemain tersebut tersebar di ketegori pembuat penampilan Liga Champions terbanyak sepanjang masa, secara keseluruhan, untuk satu klub dan per babak.

Menariknya, Cristiano Ronaldo berhasil mendominasi daftar tersebut termasuk mencapai puncak daftar penampilan Liga Champions sepanjang masa.

Ronaldo yang menjalani periode keduanya di Old Trafford telah membuat lebih dari setengah penampilannya sepanjang masa (101) utuk Real Madrid, serta 23 untuk Juventus.

Bukan hanya itu saja, bintang asal Portugal ini juga menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa kompetisi dan satu-satuya pemain yang memenangkan lima trofi pada lima edisi Liga Champipns.

Rinciannya, pada kategori penampilan terbanyak sepanjang masa, Ronaldo mencatat 181 penampilan dengan 57 penampilan didedikasikan untuk Manchester United.

Meski demikian, Ronaldo masih kalah jauh dari legenda Barcelona, Xavi Hernandez  sebagai pemain yang paling banyak tampil di Liga Champions untuk satu klub yakni total 151 kali.

Ronaldo berada di urutan nomor dua dari bawah dalam daftar 25 pemain di kategori tersebut dengan catatan 101 kali tampil untuk Real Madrid sama dengan eks rekan setimnya Marcelo.

Meski begitu, CR7 merupakan satu-satunya pemain yang membuat masing-masing 50 penampilan atau lebih untuk dua klub yakni Manchester United (57) dan Real Madrid (101).

Ronaldo menjadi pemain yang paling banyak bermain di final Liga Champions. Dari enam kesempatan di partai puncak bersama Manchester United dan Real Madrid, dirinya sudah memenangkan lima trofi.

Catatan ini setara dengan legenda Italia Paolo Maldini yang enam kali mengantarkan AC Milan ke final dan memenangka lima di antaranya.