Bola Internasional

Legenda Persib Resah Dominasi Pemain Asing Liga 1: Yuk Belajar dari Malaysia

Jumat, 28 Januari 2022 12:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Salah satu pemain legendaris yang pernah membela Persib Bandung, Zaenal Arief, mengaku resah dengan dominasi pemain asing di Liga 1.

Sebagaimana diketahui, PT Liga Indonesia Baru menetapkan bahwa tim Liga 1 boleh menggunakan jasa tiga pemain asing, dan ditambah satu pemain asal AFC (Asia).

Maka, setiap tim berbondong-bondong merekrut empat pemain asing, baik untuk lini serang, lini tengah, pertahanan, bahkan ada juga tim yang memanggil kiper asing.

Imbasnya, pemain lokal di posisi yang sama, jadi sulit untuk berkembang. Hal yang paling disorot adalah krisis striker lokal yang justru dibutuhkan untuk timnas Indonesia.

Timnas Indonesia belum mampu mencetak striker haus gol di kancah internasional, setelah pensiunnya Ilham Jaya Kesuma, Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas.

Salah satu opsi yang ditawarkan Zaenal Arief adalah dengan mengurangi pemain asing, atau yang lebih ekstrem lagi adalah tidak memakai pemain asing sama sekali.

Hal itu pernah diterapkan oleh Malaysia, ketika Timnas mereka melempem. Lewat larangan pemain asing, akhirnya sukses meningkatkan prestasi pemain lokal.

"Dulu saya lihat Malaysia jelang Piala AFF dan SEA Games, mereka kan prestasinya menurun, akhirnya mereka tidak adakan pemain asing, khusus lokal," ucap Zaenal.

"Akhirnya mereka bisa berbicara, tahun berikutnya mereka juara Piala AFF, terus di SEA Games pun mereka juara, pembuktian bahwa pemain lokal bisa bicara," imbuhnya.