Liga Indonesia

Satu Dekade Perjalanan Makan Konate di Liga Indonesia: Pensiun di Persija?

Minggu, 30 Januari 2022 14:08 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Persija
Makan Konate, pemain anyar Persija Jakarta. Copyright: © Persija
Makan Konate, pemain anyar Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Satu dekade perjalanan Makan Konate di Liga Indonesia, banyak klub sudah ia singgahi. Lantas, apakah gelandang asal Mali itu akan pensiun di Persija?

Makan Konate menuturkan jika ia memulai karir profesional sebagai pemain bola pada tahun 2010, saat berusia 19 tahun. Namun, ia sudah berani melenggang ke luar negeri.

Tahun 2012, Makan Konate pertama kali datang ke Indonesia dan berlabuh ke PSPS Pekanbaru. Namun, karirnya tidak begitu panjang di tim asal Pulau Sumatera itu.

"Tahun 2012 saya ke Indonesia, tim pertama saya adalah PSPS Pekanbaru, enam bulan di situ, terus putaran kedua saya pindah ke Barito Putera," ungkap Konate via Tiento ID.

Sejak saat itu, kemampuan Makan Konate sebagai second striker semakin diakui. Ia pun dibajak oleh Persib Bandung, sampai akhirnya berhasil mengangkat trofi juara.

"Tahun 2013 saya ke Persib Bandung, tahun pertama saya di Persib, saya juara di Persib, dapat tiga trofi, best player, best midfielder, dan best foreigner player," kenangnya lagi.

Sayangnya, saat itu Liga Indonesia harus dihentikan lantaran mendapat sanksi FIFA. Makan Konate akhirnya menerima tawaran untuk bermain di Terengganu FA, Malaysia.

"Tahun 2015 juga saya juara Piala Presiden bersama Persib, tapi Liga Indonesia bubar, saya pindah ke Liga Malaysia," ucapnya.