Bola Internasional

Fachrudin Aryanto Puas Kinerja Shin Tae-yong di Timnas: Lanjutkan, Coach!

Selasa, 1 Februari 2022 11:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Anusak Laowilas/NurPhoto via Getty Images
Fachrudin Aryanto (kiri) merebut Siroch Chatthong (kanan) pada laga Thailand vs Timnas Indonesia di final leg kedua Piala AFF 2016. Copyright: © Anusak Laowilas/NurPhoto via Getty Images
Fachrudin Aryanto (kiri) merebut Siroch Chatthong (kanan) pada laga Thailand vs Timnas Indonesia di final leg kedua Piala AFF 2016.

INDOSPORT.COM - Fachrudin Aryanto, salah satu pemain senior di Timnas Indonesia, mengaku puas dengan kinerja Shin Tae-yong dan harus dipertahankan.

Fachrudin Aryanto adalah salah satu bek yang konsisten dan dipercaya di Timnas dalam beberapa generasi, walaupun ada pergantian di posisi kepelatihan Timnas.

Misalnya dalam lima tahun terakhir, Timnas dipegang oleh Alfred Riedl, Luis Milla, Bima Sakti, Simon McMenemy, dan kini diambil alih oleh pelatih asal Korea, Shin Tae-yong.

Salah satu kesuksesan Shin Tae-yong ialah membawa Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020, walaupun mengandalkan skuat muda, hanya Fachrudin yang senior.

"Dengan skuat muda, terus Coach Shin yakin tim ini mampu berbicara banyak di AFF, itu terbawa juga ke pemain, satu hal positif yang saya lihat," ungkap Fachrudin.

"Coach Shin kasih motivasi, kasih masukan, hal-hal yang positif ke pemain, jadi satu tim itu termotivasi dan semangat, siap melawan siapa pun," tuturnya melalui Youtube Tiento.

Berkat dukungan moril dari Shin Tae-yong, Timnas Indonesia mampu menahan imbang Vietnam, mengalahkan Malaysia, bahkan menaklukkan Singapura di semifinal AFF.

"Kita bukan unggulan di Piala AFF, bahkan melawan Malaysia, Singapura, Vietnam. Kita juga lama nggak main kan, liga stop karena Corona kemarin," ucap Fachrudin Aryanto.

"Tapi Coach Shin bisa mengubah itu, dengan kerja sama dan semangat pemain muda. Mungkin tim kurang berpengalaman, tapi saya rasa hasilnya sudah bagus sekali."