Bola Internasional

Babat China di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Vietnam Cetak Sejarah

Rabu, 2 Februari 2022 04:45 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Nguoi Dua Tin
Babat China di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Vietnam Cetak Sejarah. Copyright: © Nguoi Dua Tin
Babat China di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Vietnam Cetak Sejarah.

INDOSPORT.COM - Timnas Vietnam besutan Park Hang-seo baru saja mencetak sejarah pasca meraih kemenangan atas China di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Bermain di My Dinh National Stadium pada Selasa (01/02/22), Timnas Vietnam mampu menang atas China dengan skor 3-1. Tiga gol The Golden Star dicetak oleh Ho Tan Tai (9'), Nguyen Tien Linh (16’) dan Phan Van Duc (76’).

Ini menjadi kemenangan perdana pasukan Park Hang-seo setelah sebelumnya menelan tujuh kekalahan beruntun, termasuk takluk 2-3 di kandang China di pertemuan pertama.

Menurut laporan dari Soha.vn, Timnas Vietnam juga sukses mencetak sejarah besar. Mereka menjadi tim dari Asia Tenggara pertama yang mampu meraih kemenangan di babak ketiga atau terakhir Kualifikasi Piala Dunia.

"Tim "Hancurkan" China, Vietnam membuat sejarah untuk sepak bola ASEAN," tulis Soha.vn.

Seperti diketahui, sebelum Vietnam, sebenarnya ada Thailand yang juga pernah lolos ke babak ketiga pada 2002 dan 2018 silam. Namun skuat Gajah perang hanya menjadi bulan-bulanan karena karena tidak pernah menang.

Kemudian ada Timnas Indonesia yang sempat mengikuti ajang Piala Dunia 1938 silam. Sayangnya, pada era itu Indonesia lolos tanpa melewati babak kualifikasi.