Liga Inggris

Cameron Brannagan, Dulu Tersingkir di Liverpool Kini Justru Fenomenal

Jumat, 4 Februari 2022 23:14 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Cameron Brannagan eks Liverpool yang kini di Oxford City. Foto: [email protected]

INDOSPORT.COM - Para penggemar klub Liga Inggris, Liverpool, mungkin ada yang ingat dengan sosok Cameron Brannagan, atau mungkin ada pula yang tidak mengenalnya sama sekali.

Pemain kelahiran Manchester ini, dulunya adalah bocah besutan akademi Liverpool yang sempat digadang-gadang akan bersinar.

Selain itu, sepak terjangnya sebagai pesepak bola muda juga sudah cukup mentereng lantaran pernah menimba ilmu di akademi Manchester United dan Manchester City.

Namun alih-alih melanjutkan masa bakti di sana, ia justru bergabung dengan rival utama dua klub tersebut, Liverpool.

Tidak tanggung-tanggung, ia sudah belajar sepak bola bersama Liverpool sejak usia lima tahun, hingga akhirnya mendapat tempat reguler di tim U-21.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini pun terus menggema namanya di kalangan para pencari bakat klub-klub besar termasuk Barcelona.

Namun untungnya, bakatnya yang cemerlang di level U-21 tidak luput dari mata Brendan Rodgers yang pada waktu itu menangani tim senior Liverpool.

Ia pun meletakkan nama Cameron Brannagan di daftar pemain cadangan The Reds saat melawan Oldham Athletic pada Januari 2014, namun tidak memainkannya.

Setelah itu, Cameron Brannagan pun melanjutkan karier bersama Liverpool dengan berada di tim reserve. Ia juga bermain di Premier League U-21 dan UEFA Youth League, sampai akhirnya, kesempatan debut di tim senior pun datang.

Pada 2015, ia tampil bersama tim senior The Reds yang bermain di Liga Europa melawan Bordeaux. Setelahnya, pemain kelahiran 9 Mei 1996 tersebut juga menandatangani kontrak yang mengikatnya di Anfield sampai 2018.

Pelan-pelan, Cameron Brannagan mulai menapaki karier bersama skuat asuhan Jurgen Klopp. Langkah demi langkah mulai dari debut starter sampai debut Premier League Liga Inggris pun berhasil ia lalui.