In-depth

Walau Tak Pernah Masuk SSB, Ricardo Salampessy Kini jadi Legenda Persipura

Minggu, 6 Februari 2022 14:38 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Sudjarwo
Bek senior Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy Copyright: © Sudjarwo
Bek senior Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy

INDOSPORT.COM - Walau tak pernah masuk Sekolah Sepak Bola (SSB), tapi Ricardo Salampessy adalah bakat yang luar biasa, dan kini jadi legenda Persipura Jayapura.

Berbeda dengan pemain sepak bola lainnya yang sudah mengenyam latihan sepak bola sejak usia dini di SSB, Ricardo Salampessy mengaku hanya bermain di lingkungannya.

Mulai dari main di bangku sekolah, hingga bermain bersama teman sebaya di dekat rumahnya, Ricardo Salampessy berlatih sepak bola dengan giat dan semangat.

"Ketika masih sekolah dasar, terus SMP, kalau ada waktu istirahat atau habis pulang sekolah, selalu saya sempatkan main bola bersama teman-teman," ungkap Ricardo.

"Saya tidak melalui sekolah sepak bola, dari kecil kita otodidak main sama teman-teman di komplek, atau sama teman sekolah," ujar bek 37 tahun itu di kanal Tiento Indonesia.

Menurut Ricardo, walaupun ia tak pernah masuk SSB, tapi ia bisa belajar teknik sepak bola, karena tanah Papua memang memiliki  talenta sepak bola yang baik sejak dahulu.

"Teknik dasar sepak bola sendiri itu tidak benar-benar saya rasakan, semua lewat naluri. Saya hidup di Papua, rata-rata anak Papua juga punya passion di sepak bola."

"Jadi, secara tidak langsung, saya mendapat pendidikan sepak bola itu dari main bersama teman-teman di dalam lingkungan saya juga," papar Ricardo Salampessy lagi.