Bola Internasional

3 Pemain yang Bisa Hilang dari Starting Timnas Indonesia Usai Kedatangan Tijjani Reijnders

Jumat, 11 Februari 2022 20:15 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Soccrates/Getty Images
Playmaker asal Belanda keturunan Indonesia Tijjani Reijnders yang tengah membela AZ Alkmaar. Copyright: © Soccrates/Getty Images
Playmaker asal Belanda keturunan Indonesia Tijjani Reijnders yang tengah membela AZ Alkmaar.

INDOSPORT.COM – Berikut tiga pemain yang berpotensi hilang dari starting lineup Timnas Indonesia dan turun ke bench cadangan usai kedatangan gelandang Liga Belanda, Tijjani Reijnders.

Nama Tijjani Reijnders belakangan memang sedang ramai diperbincangkan. Pasalnya, pemain berusia 23 tahun tersebut masuk dalam daftar calon naturalisasi pemain Timnas Indonesia.

Sebelumnya, pihak PSSI lebih dulu mengajukan dua nama untuk dinaturalisasi yakni Kevin Diks serta Mees Hilgers.

Akan tetapi pada Kamis (10/02/2), rencana pelatih Timnas Indonesia mendapatkan tambahan amunisi dari pemain keturunan batal terwujud.

Lantaran Kevin Diks serta Mees Hilgers berpeluang besar gagal di naturalisasi usai kedua pemain tersebut tak mendapat izin dari pihak keluarga.

Tak butuh waktu lama, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia langsung berikan nama baru yakni Tijjani Reijnders yang bakal jadi calon penggawa baru skuat Garuda.

"Saya sudah katakan ke Shin Tae-yong perihal tidak ada restu soal Mees Hilgers dan Kevin Diks. Dan Shin Tae-yong tidak mau dengan yang dua ini (Kevin Diks dan Mess Hilgers). Malah Shin Tae-yong kasih satu nama baru posisinya gelandang serang," buka Hasani saat ditemui di Kantor Kemenpora, Jakarta.

"Opsi satu pemain itu iya betul si Tijjani Reijnders itu," jelas Hasani.

Munculnya nama Tijjani Reijnders membuat peta persaingan di skuat Timnas Indonesia kian bertambah ketat. Apalagi, gelandang berusia 23 tahun tersebut punya statistik impresif bersama klubnya, AZ Alkmaar.

Andai resmi ketambahan Tijjani Reijnders, maka akan ada tiga pemain yang berpotensi besar hilang dari starting lineup dan kemungkinan harus memulai laga dari bench cadangan.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Dedik Setiawan

© PSSI
Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand. Copyright: PSSIAksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

Nama pertama adalah Dedik Setiawan. Sepanjang gelaran Piala AFF 2020, permasalahan utama Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong adalah lini serang yang tumpul.

Dedik Setiawan yang kerap jadi pilihan utama pun masih sulit membuktikan kapasitasnya sebagai goal getter handal di Indonesia.

Dengan datangnya Tijjani Reijnders, besar kemungkinan posisi ujung tombak akan diambil oleh sang gelandang keturunan.

Meski berposisi asli sebagai pemain tengah, namun bintang berusia 23 tahun tersebut punya naluri gol cukup tinggi. Terbukti, ada dua gol serta dua assists yang berhasil diciptakan dari 20 pertandingan di Eredivisie musim ini.

Berbekal statistik tersebut, Tijjani Reijnders bisa diplot sebagai false nine atau shadow striker untuk mengisis pos lini depan Timnas Indonesia.