Bola Internasional

Meroket di Peringkat FIFA, Media Vietnam Sentil Taktik Timnas Indonesia

Sabtu, 12 Februari 2022 06:36 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Soha menyebut timnas Indonesia hanya mampu naik peringkat FIFA karena mengalahkan Timor Leste yang merupakan negara lemah bahkan di regional Asia Tenggara. Foto : Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Soha menyebut timnas Indonesia hanya mampu naik peringkat FIFA karena mengalahkan Timor Leste yang merupakan negara lemah bahkan di regional Asia Tenggara. Foto : Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Adanya peningkatan yang dirasakan oleh timnas Indonesia dalam hal peringkat FIFA rupanya mendapat perhatian dari media Vietnam, Soha. Hanya saja cara Tim Garuda untuk meroket membuat mereka sedikit menyelipkan 'sentilan' dalam pembahasan mereka.

Dalam artikel mereka tentang Timnas Indonesia pada Kamis (10/02/22) lalu Soha memberikan judul "Mengalahkan lawan paling mudah di Asia tenggara, Indonesia diberi 'hadiah spesial' dari FIFA". Artikel ini jelas menyinggung soal dua partai anak-anak asuh Shin Tae-yong melawan Timor Leste pada medio Januari lalu.

Timnas Indonesia sukses mendulang dua kemenangan melawan Timor Leste dengan skor 4-1 dan 3-0. Bukan sesuatu yang mengherankan karena sejak lama The Lafaek atau Sang Buaya memang tidak punya sejarah sulit ditaklukkan. 

Dalam peringkat FIFA pun Timor Leste adalah salah satu negara dengan ranking paling rendah yakni 198. Di kancah Asia, mereka bahkan ada di tiga posisi terbawah dan hanya bisa menepuk dada dari Sri Lanka (204) dan Guam (206).

Timnas Indonesia sendiri berhak mendapatkan 9,30 poin internasional dari hasil dua kemenangan atas Timor Leste dan juga sejumlah partai di Piala AFF 2020 lalu. Berkat itu Merah-Putih mampu mendongkrak peringkat mereka dari yang sebelumnya 164 menjadi 160.

Kendati demikian Timnas Indonesia masih sangat jauh dari impian untuk bersaing dengan negara-negara kuat kuat ASEAN seperti Vietnam dan Thailand. The Golden Star Warriors saat ini berada di tangga ke-98 diikuti The War Elephants 14 tingkat di bawahnya.

Bahkan Filipina (129), Myanmar (152), dan Malaysia (154) yang di atas kertas tidak lebih kuat dari Evan Dimas cs, saat ini masih lebih baik. Sepertinya PSSI masih punya PR tentang bagaimana mencari lawan uji coba resmi yang tepat untuk menaikkan peringkat Timnas Indonesia.