Bola Internasional

PSSI Ngotot Naturalisasi, Coach Justin: Mending Kurangi Pemain Asing Liga 1

Sabtu, 12 Februari 2022 12:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© sandywalsh
PSSI ngotot melakukan program naturalisasi pada sejumlah pemain keturunan Indonesia di Eropa, Coach Justin justru berharap ada pembenahan di Liga 1. Copyright: © sandywalsh
PSSI ngotot melakukan program naturalisasi pada sejumlah pemain keturunan Indonesia di Eropa, Coach Justin justru berharap ada pembenahan di Liga 1.

INDOSPORT.COM - PSSI ngotot melakukan program naturalisasi pada sejumlah pemain keturunan Indonesia di Eropa. Coach Justin justru berharap ada pembenahan di Liga 1.

Menpora Zainudin Amali merestui rencana PSSI untuk menaturalisasi dua pemain bola keturunan, Sandy Walsh dan Jordi Amat, guna memperkuat Timnas Indonesia.

"Satu, Sandy Walsh dan yang kedua, Jordi Amat. Itu sudah saya tanyakan ke pelatih Shin Tae-yong, memang kebutuhannya, selain ada keturunan dan darah Indonesia."

"Shin bilang tak mau sekadar naturalisasi kalau kualitasnya tidak bagus. Semoga ini bisa membawa juniornya terpacu dengan bergabungnya mereka di Timnas," ungkap Menpora Zainudin Amali, Kamis (10/02/22).

Di sisi lain, komentator sekaligus pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana alias Coach Justin, menilai bahwa naturalisasi adalah opsi yang mestinya menjadi paling akhir.

"Sebenarnya saya bukan anti ataupun pro naturalisasi, tapi saya bilang ini adalah opsi terakhir," ungkap Coach Justin via Youtube.

"Kalau di Liga nggak ada (pemain) yang cocok, di Liga tidak ada pemain naturalisasi yang cocok, karena kita kan punya banyak, Lilipaly, Marc Klok, Igbonefo, dan lain-lain."

"Kalau dari situ nggak ada yang cocok, opsi ketiga yaitu melakukan naturalisasi pemain berdarah Indonesia di luar, ataupun pemain yang sudah lima tahun di Indonesia," ucapnya.