Bola Internasional

Sadis! Dipermalukan Vietnam, Gaji para Pemain China Disunat 90 Persen

Sabtu, 12 Februari 2022 19:50 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© REUTERS
Striker Timnas China, Wu Lei, di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Copyright: © REUTERS
Striker Timnas China, Wu Lei, di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Para pemain China mengalami nasib apes usai dipermalukan Vietnam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kekalahan itu membuat gaji pemain  China disunat sebanyak 90 persen.

Media asal China bernama 163.com baru saja menerbitkan sebuah artikel berjudul "Berita terbaru sepak bola: Haji dipotong menjadi 1/10, gaji bulanan hanya 160.000 yuan, tidak sama dengan tim sepak bola wanita"

Dari pemberitaan itu diketahui bahwa Timnas China kini sedang dalam tekanan besar. Pemotongan gaji besar-besaran seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Akan tetapi, tampaknya performa buruk Timnas China di Kualifikasi Piala Dunia 2022 tidak bisa ditoleransi lagi. Hasil tersebut memicu kemarahan para netizen China.

Mereka menyebut Xu Xin dkk pantas mendapatkan hukuman berupa pemotongan gaji. Lebih lanjut, 163.com menjelaskan bahwa selama ini para pemain Timnas menikmati gaji yang sangat tinggi.

Rata-rata gaji mereka mencapai 10 juta yuan (22,57 miliar rupiah) per tahun. Sebaliknya, para pemain Timnas China Putri mendapat gaji yang lebih rendah yakni sekitar 2 juta yuan (4,51 miliar rupiah) per tahun.

Beberapa kasus spesifik dapat diambil sebagai contoh, seperti gaji tahunan kapten Wu Xi adalah 15 juta yuan, Zhang Linpeng 18 juta, Wei Shihao 12 juta, Zhang Xizhe 12 juta (tanpa bonus)

Banyak warganet yang merasa jika gaji tersebut terlalu tinggi dan tidak sepadan dengan prestasi yang ditorehkan oleh Timnas China.