Liga Inggris

Arsenal Nyaris Tak Punya Penyerang, Pep Guardiola Berbagi Resep Jitu

Minggu, 13 Februari 2022 21:35 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
© Marc Atkins/Getty Images
Mikel Arteta, pelatih Arsenal. Copyright: © Marc Atkins/Getty Images
Mikel Arteta, pelatih Arsenal.

INDOSPORT.COM - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memberikan saran kepada pelatih Arsenal, Mikel Arteta soal bagaimana bermain tanpa penyerang.

Klub Liga Inggris, Arsenal, kesulitan mendatangkan penyerang baru pada bursa transfer Januari 2022. Keadaan itu membuat The Gunners semakin sulit, menyusul kasus indisipliner yang mengharuskan mereka membuang Pierre-Emerick Aubameyang.

Selain itu, Arsenal dirumorkan akan kehilangan dua penyerang lagi, yaitu Eddie Nketiah dan Alexandre Lacazette, yang kontraknya telah usai

Dusan Vlahovic, penyerang muda Serbia yang ditargetkan bisa bergabung ternyata malah hengkang ke klub raksasa Liga Italia, Juventus.

Melihat keadaan mantan asistennya, Mikel Arteta yang terus kesulitan menangani Arsenal, pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memberikan sedikit bantuan.

Dilansir Mirror, eks pelatih Barcelona ini membagi cara menggunakan Phil Foden sebagai false nine di tim berjuluk The Citizens itu.

Nantinya, Mikel Arteta bisa saja menggunakan pemain dengan karakter serupa, sebut saja Emile Smith-Rowe, yang memiliki posisi hampir sama.

Phil Foden sendiri kini lebih sering diposisikan di tengah daripada posisi aslinya, yaitu gelandang sayap kiri. Perubahan posisi ini membuat gelandang timnas Inggris lebih leluasa dalam melancarkan serangan.

Hasilnya, Phil Foden mampu mencetak enam gol dan melepas tiga assist pada musim 2021-2022. Namun, performa ini tidak dapat ditampilkan bersama timnas Inggris, mengingat di tim asuhan Gareth Southgate, Foden ditempatkan di posisi yang lain.

Di sisi lain, Arsenal memiliki beberapa kandidat yang dapat ditempatkan di posisi serupa, yaitu Emile Smith-Rowe dan gelandang muda Norwegia, Martin Odegaard.