In-depth

Kisah Perjuangan Beni Oktovianto: Bawa Bekal 50 Ribu, Diselamatkan Fakhri Husaini

Senin, 14 Februari 2022 18:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Berikut ini perjalanan karier Beni Oktovianto, pesepak bola asal Kalimantan yang sukses menembus Persik Kediri, Persib Bandung, dan Barito Putera. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Berikut ini perjalanan karier Beni Oktovianto, pesepak bola asal Kalimantan yang sukses menembus Persik Kediri, Persib Bandung, dan Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Berikut ini perjalanan karier Beni Oktovianto, pesepak bola asal Kalimantan yang sukses menembus Persik Kediri, Persib Bandung, dan Barito Putera.

Perjalanan karier Beni Oktovianto cukup menyentuh, dan rupanya ada peran pelatih andal, Fakhri Husaini, sehingga ia bisa jadi salah satu sorotan di kompetisi Liga 1.

Awalnya, Beni Okto mengaku bergabung dengan Klub Sepak Bola Mandau, di mana Fakhri Husaini berperan sebagai pelatih. Kala itu, ia masih duduk di bangku SMA.

"Lanjut ke Liga 3, Bontang FC, saya masih sekolah kelas 3 SMA. Setelah itu lanjut ke PON Kaltim 2016 di Jawa Barat," ungkap Beni Okto di unggahan Youtube Tiento ID.

Beni Okto juga aktif bermain di turnamen antar kampung (tarkam) di Kalimantan. Sampai akhirnya, pelatih Fakhri Husaini memintanya untuk seleksi ke Pulau Jawa.

"Tiba-tiba Coach Fakhri telepon, Beni di mana, kamu pergi ke Surabaya, ke Kediri, ada seleksi di sana. Oh siap Coach," ucap Beni menirukan ucapan Fakhri Husaini.

Padahal kala itu, Beni Okto yang baru lulus sekolah, mengalami kesulitan finansial. Tapi ia nekat bertolak ke Kediri seorang diri, dan mengikuti trial bersama skuat Persik Kediri.

"Posisi saya nggak punya apa-apa, saya minta tiket pesawat dari bos tarkam itu. Di Surabaya itu saya nggak tahu apa-apa, mau kemana nggak tahu," kenang Beni Okto lagi.

"Di situ posisi saya cuma bawa uang 50 ribu. Sampai di Kediri, baru saya makan, dijemput sama asisten pelatih. Besoknya saya langsung latihan di situ, ikut seleksi."