Bola Internasional

Timnas Indonesia dan Myanmar Mundur, Piala AFF U-23 Bikin Jadwal Baru untuk Laos dan Malaysia

Kamis, 17 Februari 2022 17:15 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© aff.presse/INSTAGRAM
Logo AFF U-23 Championship 2022 Copyright: © aff.presse/INSTAGRAM
Logo AFF U-23 Championship 2022

INDOSPORT.COM - Panitia penyelenggara Piala AFF U-23 2022 terpaksa melakukan perombakan jadwal pertandingan seiring mundurnya Myanmar akibat pandemi Covid-19 menyusul timnas Indonesia.

Laos dan Malaysia yang tersisa dari Grup B Piala AFF U-23 2022 pun rencananya akan diadu dalam dua pertandingan alih-alih satu.

Keputusan ini diambil pada Kamis (17/2/22) pagi atau dua hari setelah resmi Myanmar menarik diri beberapa jam sebelum partai pembuka grup mereka.

Piala AFF U-23 2022 tentu saja tidak akan merasa adil jika nasib Laos dan Malaysia harus ditentukan oleh satu partai saja.

Thim Xad dan Harimau Malaya muda akan saling beradu di 18 dan 21 Februari mendatang. Prince Stadium di kota Phnom Penh, Kamboja, masih akan menjadi venue untuk dua laga tersebut.

Pengumpul poin terbanyak akan berhak mendapatkan tiket semifinal. Sementara itu karena jatah kemungkinan lolos sebagai runner-up ditiadakan untuk Grup B, tim yang kalah dipastikan akan tereliminasi.

Meski di atas kertas punya kualitas di atas Laos, Malaysia enggan meremehkan. Pengalaman sulitnya mengalahkan sang lawan di ajang kualifikasi Piala Asia U-23 pada Oktober lalu masih cukup membekas dalam memori anak-anak asuh Brad Maloney.

"Belajar dari pengalaman di Mongolia, Laos bukan negara yang mudah ditaklukkan. Pertahanan mereka sangat bagus dan Malaysia cuma bisa menang 1-0," ungkap penggawa Malaysia U-23, Harith Haiqal bin Adam Afkar, kepada Bernama.

"Semua pemain kami harus menganggap Laos sebagai ancaman serius. Karena menang artinya juga lolos ke babak selanjutnya," tambahnya lagi.