In-depth

Tuah Hebat Pelatih Berdarah Indonesia di Laga Dortmund vs Rangers

Jumat, 18 Februari 2022 14:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Russell Cheyne
Pelatih Glasgow Rangers, Giovanni van Bronckhorst, membawa timnya menang atas Borussia Dortmund di Liga Europa. Foto: REUTERS/Russell Cheyne Copyright: © REUTERS/Russell Cheyne
Pelatih Glasgow Rangers, Giovanni van Bronckhorst, membawa timnya menang atas Borussia Dortmund di Liga Europa. Foto: REUTERS/Russell Cheyne

INDOSPORT.COM - Ada andil pelatih berdarah Indonesia, Giovanni van Bronckhorst, di balik hasil laga Borussia Dortmund vs Glasgow Rangers di Liga Europa, Jumat (18/02/22).

Untuk diketahui kembali, Borussia Dortmund yang dijagokan sebagai pemenang secara mengejutkan takluk di tangan lawannya dengan skor 2-4. Padahal, mereka bermain di kandang sendiri yakni Signal Iduna Park.

Dua gol mereka diciptakan oleh Jude Bellingham dan Raphael Guerreiro, sedangkan kubu lawan oleh James Tavernier, Alfredo Morelos, John Lundstram, serta tambahan own goal pemain Die Borussen, Dan-Axel Zagadou.

Ya, setelah lengser dari Liga Champions, anak-anak asuh Marco Rose memang harus melanjutkan perjuangan di kompetisi kasta kedua Eropa.

Hanya saja, langkah mereka sedang terhambat oleh Glasgow Rangers yang kini ditangani Giovanni van Bronckhorst. Tim berjuluk The Gers ini ternyata tampil sesuai ekspektasi Marco Rose sebelum laga digelar.

“Kami berhadapan dengan lawan kuat di fase playoff dan kami harus melakukan tugas dengan baik, yakni konsesten dalam hal penampilan dan hasil. Dengan begitu, kami bisa melaju jauh,” ujarnya, seperti diwartakan One Football.

“Mereka adalah tim yang mengandalkan kekuatan fisik dan kecepatan, menciptakan gol dari area sayap, tapi bisa menyerang lewat tengah juga,” tambah Marco Rose ketika mendeskripsikan kekuatan Glasgow Rangers.

Benar saja, penilaian pelatih asal Jerman tersebut nampaknya tidak jauh meleset dari fakta. The Gers yang bisa saja dianggap sebagai kuda hitam di Liga Europa musim ini berhasil mengejutkan banyak orang.

Mereka bahkan mencatatkan sejumlah rekor sebagai tim yang membawa bendera Skotlandia di ajang Liga Europa 2021-2022.

Mereka adalah wakil pertama asal Skotlandia yang mencetak empat gol tandang ke gawang wakil Jerman di level Eropa setelah tahun 1955. Terakhir kali, catatan ini dipegang oleh tim asal Edinburgh, Hibernian FC.