Liga Indonesia

3 Kiper Positif Covid-19, Laga Liga 3 Persikutim vs Belitong FC Ditunda

Sabtu, 19 Februari 2022 20:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Pertandingan kedua Grup Q babak 32 besar Liga 3 2021 antara Persikutim Kutai Timur melawan Belitong FC, Sabtu (19/02/22) ditunda. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Pertandingan kedua Grup Q babak 32 besar Liga 3 2021 antara Persikutim Kutai Timur melawan Belitong FC, Sabtu (19/02/22) ditunda.

INDOSPORT.COM - Pertandingan kedua Grup Q babak 32 besar Liga 3 2021 antara Persikutim Kutai Timur melawan Belitong FC, Sabtu (19/02/22) ditunda. Laga diundur lantaran tiga penjaga gawang Persikutim dinyatakan positif covid-19.

Match commisioner pertandingan, Firman Kholis, mengatakan laga ditunda masuk kategori kejadian luar biasa. Pertandingan Persikutim vs Belitong FC akan dijadwalkan ulang PSSI.

"Penundaan pertandingan dilakukan karena tiga penjaga gawang Persikutim terpapar covid-19. Ini termasuk ke dalam kejadian luar biasa sehingga penundaan dilakukan. Selanjutnya kami menunggu jadwal dari PSSI," ujar Firman Kholis.

Koordinator PSSI wilayah Banten-Tangerang, Raymond menjelaskan keputusan diambil berdasarkan surat edaran nomor 518 tahun 2022. Dalam edaran itu disebutkan apabila pemain dalam satu tim terpapar covid-19 maka tidak bisa didaftarkan di daftar pemain. Yang kedua apabila pemain kurang dari 14 akibat terpapar covid-19 maka pertandingan ditunda.

"Yang ketiga, walaupun jumlah pemain yang didaftarkan masih lebih dari 14 namun apabila semua penjaga gawang terpapar covid-19 maka pertandingan ditunda. Hal inilah yang terjadi hari ini. Tiga penjaga gawang Persikutim positif covid-19," jelas Raymond.

Ketiga kiper Persikutim itu diketahui positif covid-19 sejak Jumat (18/02/22) malam, setelah Dinas Kesehatan Kita Tangerang melakukan tes usap antigen. Setelah itu, PSSI melakukan tes ulang dan hasilnya tetap sama. Ketiga pemain itu juga menjalani tes PCR,  tapi hasilnya belum keluar hingga Sabtu siang.

Raymond mengatakan, keputusan penundaan itu tidak dilakukan secara tiba-tiba. PSSI memutuskan untuk menunda pertandingan dengan hati-hati agar tidak ada kesalahpahaman.

Ditundanya pertandingan Persikutim vs Belitong FC juga menyebabkan perubahan jadwal laga ketiga yang harusnya berlangsung Selasa, 22 Februari mendatang. Laga terakhir baru akan dimainkan setelah pertandingan Persikutim melawan Belitong dilaksanakan.

"Jadwal pertandingan ketiga pasti tertunda karena sangat penting dan harus digelar secara bersamaan. Akan digelar setelah pertandingan yang tertunda dilaksanakan. Jadwal akan ditentukan PSSI," kata Raymond.